Ketahui Ketajaman Penglihatan dengan Tes Visus Mata

Pernah mendengar mengenai tes visus mata? Tes visus mata merupakan tes untuk mengetahui ketajaman mata atau penglihatan. Umumnya, kamu dapat melakukan tes visus mata di dokter mata, tetapi kini optik juga menyediakan tes tersebut. Para tenaga ahli di optik bisa membantu kamu melakukan tes visus mata dan melakukan analisa.

Jenis tes mata ini dilakukan untuk mengetahui kelainan fraksi mata, seperti mata minus, mata plus, dan silinder. Setelah mengetahui hasilnya, kamu akan diresepkan kacamata dengan lensa sesuai kebutuhan untuk membantu penglihatan kamu. Berikut langkah-langkah melakukan tes visus mata.

Baca Juga: Konjungtivitis: Penyebab, Gejala, Jenis, Dan Cara Mengobati

Langkah-langkah Tes Visus Mata

1. Menggunakan Snellen Chart dan Sejenisnya

tes visus mata

Salah satu cara melakukan tes visus mata adalah menggunakan Snellen Chart. Snellen Chart ini dikembangkan oleh spesialis mata di Belanda pada 1800-an dan masih digunakan hingga sekarang. Alat ini berguna untuk mengetahui kejelasan atau ketajaman penglihatan kamu terhadap sebuah objek.

Terdapat 11 baris huruf kapital pada Snellen Chart dan setiap barisnya dapat menunjukkan ketajaman mata kamu, loh! Dilihat dari atas, huruf kapital pada Snellen Chart semakin mengecil. Biasanya, dokter mata atau tenaga ahli akan meminta kamu untuk melihat huruf-huruf tersebut terlebih dahulu.

Berikut cara tes visus mata menggunakan Snellen Chart.

  • Kamu akan diminta berdiri maupun duduk dengan jarak 6 meter dari Snellen Chart di ruangan yang terang.
  • Kamu akan menggunakan kacamata yang menutup salah satu mata karena mata kanan dan kiri diperiksa secara terpisah.
  • Kamu diminta membaca Snellen Chart dari atas ke bawah hingga mata kamu tidak mampu lagi membaca huruf kapital pada Snellen Chart.
  • Jika kamu tidak dapat membaca hingga baris ke 20/20 atau 6/6, maka tes visus mata akan diulang dan kamu akan menggunakan kacamata khusus dengan lensa korektor.
  • Pada proses ini, dokter mata atau tenaga ahli akan meminta kamu membaca huruf kapital pada Snellen Chart sekaligus memberikan lensa korektor yang sesuai kebutuhan.

2. Cara Membaca Snellen Chart

pexels ksenia chernaya 5752267

Lalu, bagaimanca cara membaca hasil tes visus mata dengan Snellen Chart? Perlu kamu ketahui bahwa di setiap baris huruf kapital terdapat angka yang menunjukkan sebuah jarak dalam satuan kaki. Melansir dari berbagai sumber, angka tersebut menunjukkan jarak normal seseorang melihat huruf tersebut dengan jelas..

Jika kamu melakukan tes visus mata menggunakan Snellen Chart dan menunjukkan hasil 20/40, maka dapat disimpulkan bahwa kamu dapat melihat huruf tersebut dengan jelas dalam jarak 20 kaki (sekitar 6 meter), sedangkan huruf tersebut normalnya dapat dilihat dengan jelas dalam jarak 40 kaki (sekitar 12 meter).

Baca Juga: Cara Memakai Softlens Yang Benar, Aman Dan Nyaman

Periksa Mata dan Tes Visus Mata di SATURDAYS

Tes visus mata sebaiknya dilakukan ketika kamu merasa penglihatan sudah tidak lagi tajam saat melihat objek dengan jarak tertentu. Namun, ada baiknya melakukan tes setiap satu atau dua tahun sekali terutama untuk anak-anak, sehingga gangguan mata dapat ditangani dan dicegah sedini mungkin.

Kamu dapat melakukan tes ini di dokter mata maupun tenaga ahli di optik. Salah satu optik yang menyediakan tes visus mata adalah SATURDAYS. Periksa mata di SATURDAYS itu mudah dan gratis! Kunjungi SATURDAYS terdekat tanpa harus membuat janji terlebih dahulu.

Kami akan membantu menganalisa kondisi mata kamu dan merekomendasikan kacamata yang sesuai kebutuhan untuk membantu penglihatan kamu semakin jelas. Kami memiliki berbagai macam lensa kacamata dan filter, seperti lensa photocromic, bluecromic, anti blueray, anti silau, dan lainnya.

Setiap lensa ini memiliki keunggulannya masing-masing, seperti melindungi kesehatan mata dari efek buruk sinar matahari dan sinar biru dari elektronik. Tersedia juga berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna kacamata yang dapat kamu sesuaikan dengan selera.

Kami akan membantu kamu mendapatkan kacamata yang tepat agar tampilan kamu tetap keren. SATURDAYS juga meluncurkan koleksi kacamata untuk anak muda dan anak-anak karena kami percaya semua orang, berapapun usianya, membutuhkan kacamata yang sesuai dengan gaya hidupnya.

Kami jamin kamu akan menemukan bingkai yang paling sesusai dengan kepribadianmu dan menambah kepercayaan dirimu. Jika belum sempat berkunjung ke toko, kamu bisa mengecek koleksi kacamata SATURDAYS secara online di sini!