Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Menangani Mata Silinder

Melansir dari berbagai sumber, mata silinder atau astigmatisme adalah kondisi pandangan yang kabur karena mata tidak mampu membiaskan dan memfokuskan cahaya. Hal ini membuat penglihatan seseorang pada satu benda menjadi terlihat ada dua. 

Mata silinder menjadi salah satu kondisi mata yang umum terjadi dan dapat diderita oleh orang yang juga mengalami mata minus atau mata plus. Lantas, apa sebenarnya penyebab mata silinder?

Untuk kamu yang mengalami kondisi mata ini, yuk, ketahui informasi selengkapnya tentang penyebab mata silinder dan cara penanganannya di sini!

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mata Dengan Tidur Yang Cukup Dan Berkualitas

Penyebab Mata Silinder

Penyabab Mata Silinder

Bentuk kornea pada mata pada penderita astigmatisma tidak simetris. Bahkan kelengkungan permukaan kornea berbeda antara berbagai meridian. Hal ini menyababkan cahaya yang diterima tidak tepat di titik fokus dan membuat satu titik fokus tampak menjadi dua atau lebih.

Ada banyak yang mengatakan bahwa penyebab mata silinder adalah terlalu lama menonton tv, membaca buku dengan cahaya redup, hingga menggunakan gadget terlalu dekat. Padahal itu hanya mitos karena belum diketahui pasti penyebabnya.

Para ahli menduga bahwa beberapa faktor yang menjadi penyebab mata silinder di antaranya adalah faktor keturunan, cedera mata, katarak, hingga penipisan kornea. Maka dari itu, penting untuk mengetahui riwayat penyakit atau kondisi mata di keluarga. Kabar baiknya, pederita silinder sejak lahir dapat diobati dengan terapi yang tepat. Dengan terapi ini anak-anak penderita silinder bisa terhindar dari komplikasi lebih lanjut.

Selain keturunan, penyebab mata silinder lainnya adalah cidera atau efek samping operasi mata. Penderita rabun jauh (miopi) maupun dekat (hipermetropi) juga memiliki kemungkinan mata silinder. Gangguan mata lainnya juga bisa memicu silinder seperti penipisan kornea atau bahkan benjolan di area kelopak mata sehingga menekan kornea.

Gejala Mata Silinder

Kondisi mata silinder dapat terjadi kepada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Jika kamu mengalami pandangan kabur saat melihat objek di jarak tertentu, segera periksa kondisi mata ke dokter atau tenaga ahli. Untuk itu, ketahui beberapa gejala silinder berikut ini!

  • Kesulitan melihat objek dengan detail
  • Tidak dapat membedakan warna yang mirip
  • Menyipitkan mata saat melihat objek
  • Kesulitan melihat saat malam hari
  • Garis lurus terlihat miring dan berbayang
  • Mata tegang dan sakit kepala

Penanganan Mata Silinder

Ada berbagai macam penanganan mata silinder yang dapat kamu lakukan. Namun, perlu diketahui bahwa penanganan ini bukan untuk mengobati, melainkan memperbaiki kualitas penglihatan kamu agar lebih fokus dan tidak kabur. Penanganan paling umum dan mudah untuk dilakukan adalah menggunakan lensa kacamata yang sesuai.

Segera periksakan matamu ke dokter atau optik dan kamu akan menerima resep lensa yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan penglihatan.Untuk opsi lain, kamu juga bisa melakukan perawatan mata silinder dengan menggunakan lensa kontak kuku untuk memperbaiki kelengkungan pada kornea yang tidak teratur.

Penanganan lain yang bisa menjadi alternatif adalah operasi mata untuk mata silinder. Tujuan operasi ini adalah memperbaikin bentuk kornea, sehingga cahaya bias di tempat yang tepat. Dengan begitu penglihatan kamu akan jernih dan fokus. Namun, biaya yang dikeluarkan tentu tidak sedikit dan harus disertai dengan pemeriksaan lainnya.

Baca Juga: Begini Cara Tes Mata Minus Di Rumah Dengan Mudah Dan Akurat Dengan SATURDAYS

Temukan Kacamata untuk Mata Silinder dan Lainnya di SATURDAYS

Itulah beberapa penyebab, gejala, dan cara penanganan mata silinder. Kondisi ini dapat terjadi di segala usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Mata silinder juga dapat dialami oleh orang yang mengalami mata minus maupun mata plus.

Jika kamu mengalami beberapa gejala mata silinder seperti disebutkan di atas, sebaiknya segera periksa mata ke dokter mata atau tenaga ahli di optik untuk mendapatkan penangan yang tepat. 

Untuk kamu yang ingin membeli kacamata untuk mata silinder atau lensa lainnya, beli saja di SATURDAYS! Ada banyak pilihan kacamata dan lensa berkualitas yang bikin penglihatan semakin jelas dan penampilan semakin keren, loh! 

Kamu bisa memilih berbagai model bingkai kacamata dengan berbagai macam ukuran dan warna. Bingkai SATURDAYS terbuat dari material terbaik, seperti astet Italia, titanium Jepang yang dijamin kokoh, ringan, dan tahan lama. Tentu saja kamu juga bisa memeriksakan matamu di optik kami untuk mendapatkan resep lensa yang sesuai untuk kebutuhanmu. 

Jika tidak sempat mengunjungi toko, kamu bisa mencoba layanan Home Try-On dan kami akan membawa seluruh koleksi SATURDAYS ke rumahmu dan melakukan pemeriksaan mata secara gratis. Jika ingin melihat koleksi kami secara online terlebih dahulu, kamu bisa mengeceknya di sini!