Konjungtivitis: Penyebab, Gejala, Jenis, dan Cara Mengobati

Konjungtivitis adalah salah satu penyakit mata yang umum terjadi di masyarakat. Meskipun tidak memerlukan penanganan khusus, konjungtivitis tetap harus ditangani dengan baik dan benar agar tidak menimbulkan masalah penyakit lainnya yang lebih parah. Penyakit mata ini cukup mengganggu karena membuat mata merah, berair, dan gatal.

Konjungtivitis terjadi karena peradangan konjungtiva, lapisan tipis yang berfungsi untuk melindungi mata. Lapisan ini terdapat pembuluh darah di dalamnya. Konjungtivitis juga biasa dikenal dengan sebutan pinkeye dapat sembuh tanpa adanya pengobatan, tetapi sebaiknya tetap diperiksa. Simak informasi tentang konjungtivitis selengkapnya di sini!

Baca Juga: Ketahui 7 Jenis Penyakit Mata Yang Umum Terjadi

Penyakit Mata Konjungtivitis

1. Penyebab dan Gejala Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah penyakit mata yang tidak mengganggu penglihatan kamu, tetapi jenis penyakit mata yang satu ini akan membuat mata tidak nyaman karena mata terasa gatal, merah, dan berair. Konjungtivitis disebabkan oleh peradangan pada lapisan tipis yang berfungsi untuk melindungi mata.

Peradangan terjadi karena beberapa hal, seperti virus, bakteri, hingga alergi. Alergi yang menyebabkan terjadinya konjungtivitis adalah debu, tungau, hingga lem pada proses eyelash extension. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan karena dapat berpengaruh terhadap kesehatan, termasuk mata.

Di sisi lain, gejala konjungtivitis tergantung dari penyebabnya. Jika disebabkan oleh virus, maka gejalanya adalah mata merah, bengkak, dan berair. Namun jika diisebabkan oleh bakteri, maka gejalanya adalah mata merah, bengkak, dan akan ada kotoran yang keluar dari mata. Apabila disebabkan oleh alergi, maka gejala yang timbul biasanya adalah mata merah dan gatal.

2. Jenis Konjungtivitis

Melansir dari berbagai sumber, umumnya terdapat tiga jenis konjungtivitis, yaitu non-infeksi, infeksi, dan kimia.

  • Non-infeksi berupa alergi dan benda asing yang masuk ke dalam mata. 
  • Infeksi berupa bakteri dan virus. 
  • Kimia berupa bahan kimia yang masuk ke dalam mata, seperti klorin pada air kolam renang.

3. Cara Mengobati dan Pencegahan

Setiap jenis konjungtivitis diobati dengan cara yang berbeda. Apabila disebabkan oleh bakteri maka diobati dengan antibiotik, sedangkan yang disebabkan virus umumnya dapat sembuh seiring berjalannya waktu. Untuk konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi maka diobati dengan obat antialergi. 

Sebaiknya penderita tinggal di rumah selama 1 hari setelah pengobatan jika konjungtivitis disebabkan oleh bakteri, dan 2 hari jika disebabkan oleh virus. Tetapi  jika hanya alergi, kamu bisa melanjutkan aktifitas dan tidak perlu diam di rumah.

Apabila kondisinya tidak parah, kamu dapat mengompres mata dengan air hangat dan dingin. Namun, jika ingin mendapatkan obat mata untuk penanganan yang tuntas, periksalah terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab konjungtivitis. Dengan begitu, obat mata yang diberikan pun sesuai dengan kebutuhan.

Mengingat virus menjadi salah satu penyebab konjungtivitis, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar tidak tertular:

  • Mencuci tangan dengan bersih dan jangan menyentuh mata secara lansgung, terutama setelah bersalaman dengan penderita konjungtivitis.
  • Hindari berbagi kosmetik, handuk, dan barang pribadi lainnya dengan orang lain.
  • Tidak menggunakan obat tetes mata bekas penderita konjungtivitis.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Mata Agar Penglihatan Tetap Jelas Dan Sehat

Jagalan Kebersihan dan Periksalah Mata dengan Rutin

Konjungtivitas memang tidak menyebabkan gangguan pada penglihatan, tetapi penyakit mata ini membuat kamu tidak nyaman karena mata terasa gatal dan bengkak. Meskipun dapat sembuh tanpa pengobatan khusus, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan analisis yang tepat.

Melakukan pemeriksaan mata secara rutin pun dianjurkan guna mengetahui kondisi mata, seperti penyakit mata minus, mata silinder, dan lainnya. Jika ada keluhan khusus, pemeriksaan harus dilakukan di dokter mata, sedangkan hanya ingin mengetahui ketajaman penglihatan, kamu dapat memeriksa mata di tenaga ahli seperti di optik, loh!

Salah satu optik yang dapat kamu pilih adalah SATURDAYS. Kunjungi SATURDAYS tanpa perlu membuat janji terlebih dahulu. Nantinya tenaga ahli dari kami akan membantu memeriksa kondisi mata kamu. Jika ada analisa lanjutan, seperti mata minus, silinder, dan lainnya, kami akan merekomendasikan kacamata dan lensa yang sesuai.

SATURDAYS juga memiliki koleksi kacamata untuk membantu penglihatan kamu agar lebih jelas. Ada berbagai macam ukuran, warna, dan bentuk bingkai kacamata yang dapat kamu sesuaikan dengan selera. Kamu juga bisa mengecek koleksi SATURDAYS secara online di sini, loh! Yuk, kunjungi SATURDAYS terdekat!