Glaukoma: Penyebab, Gejala, Jenis, dan Cara Mengatasinya

Dari berbagai jenis penyakit mata, glaukoma sering ditermukan terjadi di banyak orang. Melansir dari berbagai sumber, glaukoma adalah kerusakan saraf mata akibat adanya tekanan yang tinggi di dalam bola mata. Apabila glaukoma tidak ditangani dengan tepat maka dapat menyebabkan kebutaan.

Beberapa gejala yang dialami penderita glaukoma adalah nyeri di area mata dan penglihatan kabur. Mengenal penyakit ini lebih dalam, ada dua macam glaukoma yang umumnya terjadi, yaitu glaukoma sudut terbuka dan glaukoma sudut tertutup. Untuk memahaminya, simak informasi tentang glaukoma selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Begini Cara Tes Mata Minus Di Rumah Dengan Mudah Dan Akurat Dengan SATURDAYS

Penyebab, Gejala, dan Jenis Glaukoma

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang disebabkan oleh tekanan yang tinggi di dalam bolat mata. Kerusakan saraf tersebut membuat penderitanya memiliki gangguan penglihatan yang berisiko kebutaan jika tidak ditangai dengan tepat. 

Glaukoma dapat terjadi pada siapa saja. Namun, usia di atas 60 tahun dan kondisi medis tertentu dapat meningkatkan resiko. Beberapa kondisi ini meliputi hipertensi, diabetes, cedera mata, kornea yang tipis, hingga genetik.

Lantas, apa penyebab glaukoma? Glaukoma terjadi karena produksi aqueous humour yang berlebihan. Aqueous humour adalah cairan alami pada mata yang membantu membersihkan, menjaga bentuk, hingga menutrisi mata. Ketika cairan diproduksi berlebih, terjadilah glaukoma.

Gejala pada penderita glaukoma sendiri berbeda-beda, tergantung jenis glaukoma yang dialami. Pada glaukoma sudut terbuka, gejala yang paling umum adalah penglihatan menjadi kabur, sedangkan pada glaukoma sudut tertutup, gejala yang dirasakan adalah sakit kepala, nyeri di mata, dan mata merah. Jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut, segera lakukan tindakan pengobatan ke dokter mata.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis glaukoma.

  • Glaukoma Sudut Terbuka, terjadi karena saluran pengalir aqueous humour tersumbat sebagian.
  • Glaukoma Sudut Tertutup, terjadi karena saluran pengalir aqueous humour tersumbat menyeluruh.
  • Glaukoma Kongenital, terjadi pada bayi yang baru lahir karena kondisi bawaan.
  • Glaukoma Tekanan Normal, terjadi meskipun tekanan pada bola mata dalam batas normal. Umumnya dikarenakan aliran darah yang tidak normal.
  • Glaukoma Sekunder, terjadi karena penyakit lainnya, seperti diabetes, komplikasi, serta obat-obatan yang dikonsumsi.

Cara Mengatasi Glaukoma

Apakah ada cara untuk mengatasi glaukoma? Walaupun tidak dapat dicegah, pemeriksaan sejak dini saat gejala awal sudah muncul dapat meminimalisir risiko kebutaan dan tingkat keparahan. Adapun tindakan yang dilakukan adalah pengobatan dengan obat tetes mata hingga operasi.

Di sisi lain, ada beberapa cara untuk meminimalisir terjadinya glaukoma yang dapat kamu lakukan, seperti mengkonsumsi makanan kaya antioksidan, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, pola hidup sehat juga penting untuk menjaga mata tetap sehat. Batasi juga minuman yang mengandung kafein dan usahakan untuk berolahraga secara teratur.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mata Dengan Tidur Yang Cukup Dan Berkualitas

Periksa Mata Secara Rutin untuk Cegah Penyakit Mata

Untuk meminimalisir kerusakan akibat penyakit mata, perlu dilakukan pemeriksaan mata secara rutin. Kamu dapat memeriksa mata di dokter matau maupun optik dengan tenaga ahli. Jika kamu memiliki keluhan serius yang tidak kunjung hilang, kunjungi dokter mata terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Untuk kamu yang tidak mengalami keluhan serius, tetapi mengalami kondisi mata minus, plus, maupun silinder, kamu bisa memeriksa mata di optik dengan tenaga ahli. Salah satu optik yang dapat kamu pilih adalah SATURDAYS. Kami memiliki tenaga ahli yang akan membantu memeriksa kondisi mata kamu, dan memberi resep lensa.

Setelah itu, apabila kamu memerlukan kacamata maupun kontak lensa, kami akan membantu kamu mendapatkan kecamata maupun kontak lensa yang terbaik dan sesuai kebutuhan agar penglihatan kamu semakin jelas dan akurat. Kamu bisa mengunjungi SATURDAYS terdekat tanpa membuat janji, loh!

SATURDAYS juga punya progam Home Try-On kalau kamu tidak memiliki waktu untuk ke toko kami. Nantinya, tenaga ahli akan datang ke rumah kamu dan melakukan pemeriksaan mata dengan alat yang kami miliki. Ingin mencoba progam yang satu ini? Yuk, cek informasi selengkapnya di sini!