Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Lensa Progresif

Sudah mengenal apa itu lensa progresif? Secara sederhana, lensa progresif ditujukan untuk orang yang mengalami mata minus sekaligus mata plus, sehingga membutuhkan bantuan kacamata dengan dua lensa untuk melihat objek jauh sekaligus dekat.

Namun memiliki dua kacamata yang dibutuhkan secara bersamaan tentu bukanlah hal yang ideal. Lensa progresif hadir menggabungkan dua lensa di dalam satu kacamata. Sangat praktis, tetapi ada beberapa kelebihan dan kekurangan lensa progresif yang perlu diketahui.

Lensa progresif mirip dengan lensa bifokal, tetapi pembatas pada lensa progresif untuk penglihatan jarak jauh dengan jarak dekat tidak terlihat. Hal ini membuat lensa progresif lebih diminati daripada kacamata bifokal.

Hal tersebut dikarenakan pembatas untuk penglihatan jarak jauh dengan jarak dekat di lensa bifokal terlihat dengan jelas, sebagian orang berpendapat bahwa kacamata ini kurang enak dipandang, terutama untuk menunjang penampilan.

Nah, untuk kamu yang ingin menggunakan lensa progresif, ketahui terlebih dahulu kelebihan lain dan kekurangan lensa progresif sebelum membelinya. Melansir dari berbagai sumber, berikut informasi terkait lensa progresif!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kacamata Untuk Hidup Pesek Dan Tips Memilihnya

Kelebihan Lensa Progresif

1. Dapat Menunjang Penampilan

Karena kacamata tidak hanya digunakan untuk membantu penglihatan, tetapi juga untuk menunjang penampilan, lensa progresif dianggap lebih estetik. Batas antara lensa jarak jauh dan jarak dekat tidak nampak sama sekali di lensa progresif.

Banyak orang mengasosiasikan lensa bifokal dengan usia karena biasanya, orang dewasa di atas 40 tahun yang membutuhkan lensa jarak jauh dan jarak dekat. Dengan batas yang tidak nampak di lensa progresif, pemakai kacamata akan merasa awet muda dan lebih percaya diri!

2. Lebih Nyaman dan Praktis

Karena tidak adanya batas antara lensa jarak jauh dan dekat, hal tersebut akan membuat kamu merasa lebih nyaman. Kamu tidak akan menyadari perpindahan fokus yang signifikan saat melihat jauh maupun dekat. Setelah melalui proses penyesuaian, maka lensa progresif nyaman dan praktis untuk digunakan sehari-hari.

3. Dapat Digunakan untuk Melihat Gadget

Melihat gadget merupakan salah satu masalah yang dialami oleh penderita mata plus karena umumnya gadget memiliki jarak yang dekat dengan mata. Dengan begitu, penglihatan pun menjadi lebih sulit. Dengan lensa progresif, penderita mata plus sekaligus minus bisa melihat gadget dengan lebih nyaman.

Kekurangan Lensa Progresif

1. Harga Cukup Mahal

Setelah mengetahui banyak kelebihan lensa progresif, tentu baik untuk juga mengetahui kekurangannya. Harga lensa progresif biasanya cukup mahal dibandingkan dengan lensa bifokal dan lainnya. Namun, mengingat rasa nyaman dan praktis yang diberikan, harga yang ditawarkan pun sebanding.

Selain itu, ada banyak toko yang menawarkan lensa progresif, kamu pun bisa memilih yang paling sesuai dengan budget.

2. Buram Saat Melirik

Perlu kamu ketahui bahwa lensa progresif memiliki titik buram pada bagian sisi kanan dan kiri lensa. Hal tersebut membuat kamu kesulitan melihat jika sedang melirik. Namun, hal ini tetap bisa kamu atasi dengan mudah, yaitu langsung menoleh ke arah objek agar penglihatan kamu tetap jelas.

Baca Juga: 7 Model Kacamata Untuk Wajah Oval Berhijab

Temukan Lensa dan Kacamata Terbaik di SATURDAYS

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan lensa progresif yang bisa kamu pertimbangkan. Meskipun harga lensa progresif tergolong cukup mahal dari jenis lensa lainnya, tetapi sebanding dengan manfaat yang diberikan. Kamu dapat melihat objek jarak jauh maupun dekat dengan jelas dan nyaman dengan lensa progresif.

Perlu diingat bahwa kamu tetap memerlukan adaptasi terlebih dahulu mengingat kacamata ini memiliki tiga titik fokus, yaitu jarak jauh, jarak dekat, dan titik buram di bagian sisinya. Namun, kacamata ini dapat kamu gunakan sehari-hari dan juga sebagai penunjang penampilan!

Nah, untuk kamu yang ingin membeli lensa progresif dan kacamata lainnya, temukan saja di SATURDAYS! Kami menyediakan berbagai macam lensa dan bingkai kacamata yang tidak hanya membuat penglihatan kamu jelas, tetapi juga bikin penampilan kamu semakin keren dan proporsional!

Kunjungi SATURDAYS terdekat tanpa perlu membuat janji terlebih dahulu. Tenaga ahli kami akan membantu kamu menemukan lensa dan kacamata yang sesuai. Kamu juga bisa melihat koleksi kacamata SATURDAYS secara online di sini, loh! Semua lensa dan kacamata di SATURDAYS terbaik dan berkualitas!