Ketahui Fungsi Kacamata Prisma untuk Diplopia

Jika membahas tentang kacamata resep, mungkin kamu familiar dengan kacamata minus, plus, maupun silinder. Namun, apakah kamu pernah mendengar tentang kacamata prisma untuk diplopia? Secara singkat, kacamata prisma dibutuhkan oleh orang yang mengalami diplopia atau penglihatan ganda.

Orang yang mengalami penglihatan ganda akan melihat dua gambar dari sebuah gambar. Untuk itu, lensa kacamata prisma dapat membantu mengoreksi penglihatan ganda tersebut. Kacamata prisma memiliki bagian lensa yang tipis dan bagian sekelilingnya yang tebal, perbedaan tersebut berfungsi untuk memindahkan bayangan.

Baca Juga: Kurangi Pantulan Cahaya, Ini Manfaat Lensa Supersin Untuk Penglihatan

Apa yang Menyebabkan Penglihatan Ganda?

Diplopia atau penglihatan ganda bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti mata kering, astigmatisme, katarak, terhantam pukulan, aneurisma, hingga tumor otak. Perlu kamu ketahui juga bahwa penglihatan ganda dapat terjadi pada satu maupun kedua mata.

Kacamata Prisma untuk Diplopia

1. Untuk Orang yang Mengalami Diplopia dan Strabismus

Melansir dari berbagai sumber, ternyata kacamata prisma untuk diplopia juga bisa digunakan oleh orang yang mengalami strabismus atau mata juling. Strabismus merupakan masalah penglihatan mata yang membuat kedua mata tidak bisa bekerja sama. 

2. Terdapat Empat Arah Ketebalan Lensa

Pada kacamata prisma untuk diplopia, ada bagian lensa tipis dan tebal. Hal itu bertujuan untuk memindahkan bayangan agar objek semakin jelas. Nilai 1 prisma akan memindahkan bayangan 1 cm dari objek sejauh 1 meter.

Ada empat arah ketebalan lensa, di antaranya adalah base up (tebal lensa di bagian atas), base down (tebal lensa di bagian bawah, base in (tebal lensa dekat nasal hidung), base out (tebal lensa arah telinga)

3. Bisa Diresepkan Sesuai Kebutuhan Mata

Kacamata prisma untuk diplopia ini tidak hanya digunakan dalam kondisi penglihatan normal, loh. Kamu bisa menggunakan resep sesuai kebutuhan mata, seperti mata minus, plus, maupun silinder.

Baca Juga: Berapa Harga Cek Mata Di Optik, Puskesmas, Atau Rumah Sakit?

Temukan Kacamata Terbaik dan Terlengkap di SATURDAYS

Ada beberapa hal yang dilakukan untuk membantu penglihatan ganda dan mata juling, salah satunya menggunakan kacamata prisma. Resep kacamata prisma untuk diplopia ini bisa kamu buat di optik terpercaya, seperti SATURDAYS. Kunjungi SATURDAYS terdekat tanpa perlu membuat janji terlebih dahulu.

Tenaga ahli kami akan membantu kamu untuk mendapatkan kacamata beserta lensa yang sesuai dengan kebutuhan. Selain kacamata prisma untuk diplopia, kamu juga bisa membuat lensa kacamata untuk mata minus, plus, silinder, maupun sunglasses. Ada banyak pilihan bingkai dengan beragam ukuran dan warna.

Kamu bisa mengecek koleksi kami secara online di sini. Nikmati juga program Home Try-On, tenaga ahli kami akan membawa seluruh koleksi kacamata SATURDAYS yang bisa kamu coba di rumah. Kamu juga akan mendapatkan pemeriksaan mata gratis. Yuk, cek informasi Home Try-On selengkapnya di sini!