Kacamata Polarized: Pengertian dan Manfaat Menggunakannya

Menghabiskan banyak waktu di luar ruangan untuk bekerja atau karena gaya hidup aktif dapat menyebabkan kerusakan pada mata jika tidak menggunakan pelindung. Kacamata polarized adalah pelindung yang paling tepat untuk hal ini.

Sinar ultraviolet yang berbahaya dari matahari dapat mempengaruhi tubuh dan menyebabkan masalah, bukan hanya dengan kulit, tapi juga penglihatan. Kacamata polarized dapat membantu mengurangi silau dan menjaga mata tetap aman.

Apa itu kacamata polarized?

Banyak orang ingat untuk mengoleskan tabir surya sebelum pergi ke luar ruangan namun tidak melindungi matanya walaupun sama pentingnya.

Kacamata polarized menyaring gelombang cahaya dengan menyerap sebagian silau yang dipantulkan sambil membiarkan gelombang cahaya lain melewatinya. Ilustrasi paling umum tentang cara kerja kacamata polarized untuk mengurangi silau adalah dengan menganggap lensa sebagai sebuah tirai.

Tirai mampu menghalangi cahaya yang mengenai kita dari sudut tertentu, sambil membiarkan cahaya dari sudut lain melewatinya. Demikian juga dengan kacamata polarized yang berfungsi melindungi mata ke sumber cahaya silau. 

Kacamata hitam terpolarisasi dirancang untuk menyaring cahaya horizontal. Melalui lensa terpolarisasi, cahaya yang bergetar ke arah tertentu dapat disaring. Dalam sepasang kacamata hitam polarized, getaran horizontal disaring untuk mengurangi silau sinar cahaya yang memantul dari permukaan reflektif. Banyak polarisasi berkas cahaya (horizontal atau diagonal) disaring dengan kacamata polarized dan hanya membiarkan cahaya bergerak vertikal.

Lalu apa manfaat dalam menggunakan kacamata polarized itu sendiri? Simak informasinya berikut ini.

5 Manfaat menggunakan kacamata polarized

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan kacamata polarized adalah sebagai berikut ini.

1. Mengurangi silau

i56VapR944 UooRryfBMeHi5zzQxLAzP72qpv2LB4BCVdrDjYAo 67QH 9sng052jbu M fg GBmGDHcnheMQq3T ETHPM 1HwHMesETU3JjO3m1VwgJi4rhgMUYUa 8ZeDQ6zRIzDdAmvk2CaTJaaJEcXs83F3jqaZao7fo4GfuqYsKwqNXGeeZPQ

Kacamata polarized anti UV membantu melindungi mata dari cahaya yang silau dan memberikan perlindungan bagi mereka yang peka terhadap cahaya. 

Lensa terpolarisasi dalam sebuah kacamata dirancang dengan komponen tersembunyi sehingga bisa meniadakan cahaya yang dipantulkan pada sudut tajam seperti dari kap mobil yang melaju atau permukaan air di pantai.

Pantulan menjadi tidak terlihat dengan mata telanjang, tetapi secara efektif menghalangi cahaya yang silau mencapai mata dan mengurangi risiko kecelakaan terkait silau.

2. Mengurangi jumlah cahaya yang mencapai mata

Kacamata polarized mengurangi jumlah cahaya yang mencapai mata dengan menyediakan lensa yang digelapkan. Kacamata tersebut membantu mengurangi kepekaan terhadap cahaya dan juga dapat mengganggu kemampuan mata untuk melihat detail yang halus.

Kacamata polarized menawarkan efek “gelap”, tanpa menghilangkan objek dengan detail halus. Seringkali, kacamata hitam terpolarisasi dirancang untuk digunakan dalam lingkungan tertentu. Misalnya, digunakan untuk hiking, atau olahraga air. Kacamata polarized sangat bagus untuk semua penggunaan di luar ruangan. 

Olahraga luar ruangan lain seperti tenis, bersepeda, dan golf juga bisa memanfaatkan kacamata satu ini karena ketika matahari sangat terik dan menciptakan silau, mata akan sangat sulit untuk fokus dan bereaksi. Lensa yang ada di kacamata polarized dibuat secara khusus untuk menciptakan kontras di lingkungan tersebut untuk membantu meningkatkan penglihatan, bukannya menghilangkan pandangan-pandangan penting.

3. Meningkatkan penglihatan

Kondisi cahaya terang membuat mata lebih sulit untuk berfungsi sebagaimana mestinya. Jika kamu sering mengendarai kendaraan, memancing atau bekerja di bidang konstruksi, silau yang memantul dari kaca atau air tidak hanya mengganggu, namun juga bisa sangat berbahaya. 

Mengemudi di jalan atau bekerja dengan cahaya terang dapat menyebabkan penglihatan terganggu sehingga dibutuhkan perlindungan terhadap mata dengan kacamata hitam polarized.

Manfaat besar lainnya untuk kacamata terpolarisasi adalah memblokir radiasi ultraviolet (sinar UV) secara alami. Bahan yang digunakan untuk membuat kacamata ini bisa menghalangi 100% sinar UV. 

Selain menghalangi sinar UV, kacamata hitam polarized juga menyaring radiasi cahaya biru bawaan pada lensa. Artinya, Anda akan mendapatkan perlindungan penuh dari cahaya berbahaya yang dipancarkan oleh matahari.

 4. Memudahkan pemancing untuk melihat permukaan air

Untuk kamu yang hobi memancing, pasti membutuhkan alat untuk dapat melihat area di bawah permukaan air dengan mudah. Di hari yang cerah, permukaan air adalah salah satu yang paling reflektif untuk dilihat. Kacamata polarized dapat membantumu melihat permukaan air dengan jelas karena lensa mampu menyamarkan cahaya.

Orang-orang yang peka terhadap cahaya dan mereka yang telah menjalani operasi katarak dapat lebih terlindungi dari sinar matahari dengan kacamata polarized. 

Orang yang bekerja di luar ruangan seperti konstruksi, atau bekerja di sekitar air juga sangat membutuhkan kacamata jenis ini.

5. Mengurangi kerusakan mata

uW5d3ATqnDTmXLBpx3yt5 cv34txdrLDlP7dY0Fzj0KRWEES0sKL0umaCdsuN0KH5viEHlSZ7LwuwNo2XfqK5vFErKAkeKiqof7XYEge47l4PvqdH FL7DCPXeHTmQvO 5zi Ns7TdAOzL8aux3HtxMihgaU6toGYrhurO kAjYmGzL GUsGFaXjA

Sinar matahari dan lampu neon adalah penyebab ketegangan mata, karena silau dan pancaran sinar cahaya menyebabkan seseorang suka menyipitkan mata untuk beradaptasi dengan pencahayaan. Pencahayaan berlebih juga bisa membuat pupil melebar lebih sering untuk menyesuaikan penglihatan.

Mata yang terlalu sering tegang dapat menyebabkan kelelahan. Ketika mata lelah karena otot yang tegang, maka itu dapat menyebabkan masalah seperti tubuh mudah capek, migrain atau kesulitan berkonsentrasi. 

Cahaya terang juga dapat merangsang retina secara berlebihan, menyebabkan mata melepaskan terlalu banyak bahan kimia pensinyalan sehingga merusak bagian belakang mata dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan kacamata polarized, kita bisa mengurangi ketegangan dan kelelahan mata secara berlebihan.

Kacamata polarized adalah lensa yang akan membantu melindungi mata dan mempertajam penglihatan. SATURDAYS menawarkan kacamata polarized dan perlindungan untuk mata di berbagai macam kondisi cahaya. Kunjungi toko kami untuk informasi lebih lanjut.