Simak Informasi Berikut Ini Untuk Mempelajari Kacamata Autofocus

Apakah kamu pernah mendengar tentang kacamata autofocus? Lensa autofocus merupakan kemajuan terbaru dari dunia optik yang dikembangkan oleh ilmuwan. Melansir dari berbagai sumber, kacamata autofocus adalah alat bantu penglihatan dengan klaim dapat mengubah fokus secara otomatis sesuai dengan jarak objek. Dengan begitu, pengguna dapat melihat objek dengan lebih jelas dan terang dari jarak berapapun.

Umumnya, kacamata autofocus digunakan untuk penderita presbiopi atau mata plus yang disertai miopi atau mata minus. Kondisi ini biasanya dialami oleh seseorang berusia di atas 40 tahun karena penglihatan yang berkurang kualitasnya akibat usia. Dengan kondisi ini, penderita biasanya kesulitan memfokuskan objek dengan benar sehingga perlu menggunakan kacamata dengan dua jenis lensa, yaitu plus dan minus.

Dengan kacamata autofocus, penggunanya akan dapat melihat dengan lebih tepat, fokus dan jernih. Memang kacamata autofokus masih dalam pengembangan dan belum tersedia untuk umum. Namun bagaimana persisnya cara kerja kacamata ini dan apakah kacamata autofocus memberikan manfaat secara nyata? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Kacamata Kotak, Stylish Dan Modern!

Penggunaan Kacamata Autofocus

kacamata autofocus adalah

Seperti disebut sebelumnya, kacamata autofocus akan membantu penderita presbiopi yang biasa memerlukan kacamata baca. Masalahnya, kacamata baca harus diturunkan atau dilepas setiap kali penggunanya ingin melihat benda jarak jauh. Karena itu, penderita presbiopi beralih ke lensa progressive yang merupakan opsi yang jauh lebih baik. Namun tetap saja, lensa progressive membutuhkan waktu untuk beradaptasi dari jarak dekat ke jauh dan sebaliknya. Terkadang, hal ini menimbulkan ketidaknyamanan terutama ketika sedang mengemudi.

Kacamata autofocus dikembangkan oleh ilmuwan yang menciptakan lensa dengan teknologi pelacakan mata yang dapat mengikuti gerakan pupil. Kacamata ini menggunakan lensa berisi cairan dengan daya dari baterai isi ulang. Aplikasi baru ini sangatlah kompleks. Lensa ini menggabungkan sensor yang terletak di dekat jembatan bingkai dan mendeteksi kemana pupil mata melihat. Dengan cara ini, lensa dapat menentukan apakah pengguna melihat objek jarak dekat atau jauh. 

Komputer mikro yang terletak di pelipis, menerima sinyal dari sensor dan dengan akurasi tinggi, menghitung jarak yang dilihat oleh pengguna. Kacamata autofocus memang menawarkan kemudahan para penggunanya, tetapi penelitian dan informasi tentang kacamata autofocus masih terbatas, sehingga fungsi dan manfaatnya perlu dibuktikan lebih lanjut. Pasalnya, beberapa kacamata autofocus pun harus diatur secara manual pada bagian bingkai kacamata.

Sistem yang ditawarkan oleh kacamata autofocus sudah digunakan oleh kamera smartphone. Di dalam risetnya, ilmuwan menemukan bahwa kacamata autofocus memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas sehari-hari dengan lebih cepat dan efektif daripada ketika mereka menggunakan lensa progressive. Kacamata autofocus memberikan kejernihan penglihatan dan kecepatan dan ketepatan fokus yang lebih sempurna daripada lensa optik lain. Namun kemajuan teknologi ini membutuhkan waktu dan riset lebih lagi. 

Sangat dianjurkan untuk memeriksa kesehatan mata ke dokter mata untuk mendapatkan analisa yang tepat. Dengan begitu, kamu tahu apa yang dibutuhkan dan membeli kacamata yang sesuai, sehingga penggunaannya pun lebih efektif dan efisien.

Secara tampilan, kacamata autofocus pun membutuhkan bingkai kacamata khusus yang sudah dirancang. Tentu, pilihannya sangat terbatas sehingga memberikan limitasi untuk mereka yang peduli dengan tampilan. Namun, jangan khawatir, tahap perkembangan kacamata autofocus selanjutnya adalah mempekecil bingkai sehingga lebih nyaman digunakan sehari-hari.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Kacamata Bulat, Berikan Kesan Chic!

Temukan Kacamata dengan Berbagai Pilihan Bingkai Unik di SATURDAYS

Itulah beberapa informasi terkait kacamata autofocus. Teknologi ini akan sangat membantu penderita presbioi. Namun, diperlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk kita bisa merasakan fungsi dan manfaatnya. Jika kamu memiliki masalah penglihatan, terutama dalam melihat objek jarak jauh maupun dekat, segeralah periksa ke dokter mata untuk mendapatkan analisa yang tepat.

Untuk membeli kacamata, percayakan saja di SATURDAYS! Ada banyak koleksi bingkai kacamata dan lensa terbaik untuk membantu penglihatan kamu. Nanti, kamu juga akan dibantu oleh tenaga ahli dari SATURDAYS untuk memilih kacamata yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya kamu, loh!
Temukan kacamata dengan material asetat hingga titanium Jepang yang kokoh, anti-iritasi, dan tahan lama. Tersedia juga lensa tunggal, progresif, photocromic, hingga high index. Yuk, cek SATURDAYS di mall terdekat. Kamu juga dapat melihat koleksi SATURDAYS secara online di sini, ya!