Kacamata Anti Radiasi: Fungsi dan Manfaatnya

Kacamata anti radiasi adalah sebuah kacamata yang sangat perlu dimiliki saat ini karena memiliki cahaya biru. Terpapar layar laptop dan smartphone sehari-hari dapat merusak penglihatan dan dapat menyebabkan sakit kepala hingga ketegangan mata.

Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk membeli sebuah kacamata, maka carilah yang memiliki fitur anti radiasi dan yang sesuai dengan gayamu. 

Faktanya, cahaya biru telah dikaitkan dengan degenerasi makula terkait usia sehingga sangatlah penting untuk melindungi mata dengan sebaik mungkin. 

Kacamata anti radiasi: Fungsi dan manfaatnya

Mata merupakan salah satu organ vital namun tak jarang, cahaya yang masuk pada mata memiliki radiasi, seperti sinar matahari dan layar monitor (LCD) yang dapat merusak fungsi mata. Kacamata anti radiasi berbeda dari jenis lainnya karena bisa melindungi mata Anda dari bahaya radiasi. 

Lensa anti radiasi terdiri dari senyawa logam pelapis yang dapat menahan sinar radiasi dari kedua sisi lensa. Oleh karena itu, pelapis lensa anti radiasi ini dapat melindungi mata dengan lensa yang memiliki frekuensi 60% hingga 100% dan bisa menangkal gelombang elektromagnetik.

Lensa anti radiasi ini memiliki lapisan khusus yang dirancang agar bisa memblokir radiasi yang masuk ke mata, seperti radiasi matahari/UV, cahaya biru dari layar komputer, gadget, dll.

Radiasi cahaya berbahaya bagi mata manusia dan dapat menyebabkan ketegangan mata, sakit kepala, kerusakan mata, degenerasi makula, dan katarak. Berikut adalah fungsi dan manfaat yang dimiliki oleh kacamata anti radiasi.

1. Mengurangi silau

kNKG1kQevjwioRrCZ8aNXVNi1jCG5bSNuk 0PXboH6zA elNMQhu2JSJz3EQON1v3EzWhAKkLkewEnZHjnWipsyO9aSlGQLBtnaeEM68sjckh1BWGP9 hrtyZB6R1WKPjKpyP8X gFLbhYqWy8Z5eNy8M09 o7fFhqUIA1SMm0YXZS3w hhDFljCqg

Sama seperti bagaimana cahaya biru dapat menyebabkan sejumlah efek buruk, sinar UV adalah ancaman lain yang tak terlihat bagi penglihatan. Jika kamu menghabiskan banyak waktu di luar dan mendapat paparan sinar UV, maka hal itu bisa meningkatkan potensi untuk mengembangkan penyakit katarak.

Radiasi adalah sumber utama silau, yang dapat menyebabkan sakit kepala, ketegangan mata, dan kelelahan. Radiasi juga telah terbukti merusak retina dan makula. Lapisan anti radiasi pada kacamata bisa membantu mengurangi silau dengan mengarahkan cahaya yang tidak diinginkan masuk ke mata.

Menggunakan kacamata radiasi artinya jumlah cahaya yang masuk ke mata akan berkurang, sehingga mata terlindungi dari banyak efek berbahaya yang disebabkan oleh terlalu banyak terpapar cahaya jenis ini.

2. Menjaga mata agar aman

Mengenakan kacamata anti radiasi adalah cara mudah untuk menjaga mata aman tetap aman dari paparan cahaya. Cahaya radiasi dapat merusak retina yang sangat penting untuk penglihatan yang baik. Bahkan kerusakan retina juga dapat menyebabkan katarak, degenerasi makula, fotofobia (kepekaan terhadap cahaya), sakit kepala, ketegangan mata, dan banyak lagi. 

Jika kamu menghabiskan banyak waktu di luar ruangan atau di dekat perangkat elektronik yang terang seperti layar komputer atau TV, maka memakai kacamata anti radiasi akan membantu melindungi mata dari cahaya radiasi yang merusak. Lensa akan dengan mudah menyaringnya dari spektrum yang terlihat sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan penglihatan.

3. Mencegah ketegangan mata

Manfaat lain dari memakai kacamata anti radiasi adalah mengurangi ketegangan mata. Radiasi dan cahaya biru dari layar komputer dan perangkat digital lainnya dapat menyebabkan sakit kepala dan bahkan kelelahan mata. Pada gilirannya, semua itu bisa menyebabkan kelelahan secara fisik dan kualitas tidur pun menjadi turun. Radiasi juga menyebabkan kanker mata.

Selain mengurangi efek radiasi pada mata, kacamata satu ini juga dapat membantu melindungi dari mata kering saat memakainya untuk waktu yang lama di siang hari. Kacamata anti radiasi dirancang khusus untuk mencegah sinar UV memasuki lensa sambil tetap membiarkan oksigen masuk ke mata. Dengan penggunaan kacamata anti radiasi, maka mata tidak akan teriritasi oleh sinar berbahaya. 

4. Meningkatkan kualitas tidur

VN15NW6qsYEVl54atQPNpnrTxzlEoC7KsKg7YBE

Sinar UV dan cahaya biru merupakan panjang gelombang yang dapat mengganggu pola tidur. Cahaya biru menekan produksi melatonin, yang membuatmu sulit tertidur saat terpapar setelah gelap. 

Cahaya biru dan sinar UV juga menyebabkan kualitas tidur yang buruk dan dapat menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Cahaya biru dan radiasi telah terbukti menyebabkan ketegangan mata, mata kering, sakit kepala, dan kelelahan jika kamu melihat layar seperti komputer atau layar smartphone untuk waktu yang lama. 

Paparan cahaya biru ini menyebabkan kerusakan seperti katarak dari waktu ke waktu juga! Jadi, sangat penting kiranya untuk tetap mengenakan kacamata anti radiasi. Lapisan pada kacamata anti radiasi akan mengurangi intensitas sinar matahari dan cahaya biru, memastikan mata tetap sehat selama bertahun-tahun yang akan datang.

5. Mengurangi risiko ketegangan mata

Sekalipun Anda jarang menggunakan perangkat teknologi, Anda mungkin pernah mengalami ketegangan mata, entah sekali atau beberapa kali. Ketegangan mata adalah hal yang tentu saja menjengkelkan dan tidak nyaman.

Sensasi mata tegang dapat membuat kita malas menyelesaikan tugas-tugas penting, seperti mengirim pesan teks, email, atau bahkan sekedar menonton acara TV favorit.

Nah, lensa anti radiasi bisa menjadi solusi cepat untuk masalah ketegangan mata karena secara aktif mencegah cahaya terang seperti dari ponsel atau komputer memantul dari kacamata. Kacamata satu ini mampu mengurangi intensitas cahaya terang dan membuat mata sehat setiap saat.SATURDAYS menawarkan lensa anti radiasi dan bisa kamu dapatkan di berbagai toko SATURDAYS. Kacamata anti radiasi adalah aksesori yang harus dimiliki saat ini karena sinar UV berbahaya dan cahaya biru di lingkungan saat ini dapat merusak penglihatan manusia. Jadi, gunakanlah kacamata anti radiasi untuk kesehatan mata jangka panjang.