Ketahui 7 Jenis Penyakit Mata yang Umum Terjadi

Sama seperti anggota tubuh lainnya, kesehatan mata penting untuk dijaga agar penglihatan kamu tetap sehat dan jelas. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk merawat mata, seperti tidur yang cukup, mengonsumsi makanan yang sehat, hingga membatasi penggunaan gadget. Hal-hal tersebut perlu dilakukan rutin untuk menghindari penyakit mata.

Ada beberapa jenis penyakit mata yang menyerang dan terjadi tiba-tiba, loh! Meskipun jarang memerlukan penangan khusus, tentu kamu perlu mengetahui apa saja jenis penyakit mata tersebut. Untuk itu, yuk, cek informasi selengkapnya terkait jenis penyakit mata dan faktor penyebabnya di bawah ini!

Baca Juga: Ini Nama Alat Periksa Mata Di Optik Dan Cara Kerjanya

Jenis Penyakit Mata yang Umum Terjadi

1. Konjungtivitis

Jenis penyakit mata yang perlu untuk diketahui pertama adalah konjungtivitis. Mata akan terasa gatal, merah, perih, dan gatal. Penyakit mata yang satu ini disebabkan oleh alergi, iritasi, atau infeksi. Pengobatan penyakit mata ini tergantung dari penyebabnya.

Jika disebabkan oleh alergi, maka kamu harus menjauhi penyebab alergi tersebut. Apabila disebabkan oleh virus, umumnya mata akan sembuh sendiri.

2. Mata Kering

Mata kering juga menjadi salah satu jenis penyakit mata yang sangat umum terjadi. Beberapa faktor penyebabnya adalah kurangnya produksi air mata, infeksi, alergi, kekurangan hingga mata terlalu sering terpapar angin atau matahari.

Penyakit mata ini seringkali dialami oleh wanita dan lansia. Namun jangan khawatir, untuk menanganinya, kamu dapat menggunakan obat tetes air mata.

3. Masalah Refraksi Mata

Apakah kamu menderita mata minus, mata plus, atau silinder? Itu adalah masalah refrasksi mata yang membuat fokus cahaya tidak jatuh tepat pada retina. Akibatnya, penglihatan menjadi buram pada jarak tertentu.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah refraksi mata, yaitu keturunan, perubahan pada bentuk lensa, hingga penggunaan gadget terlalu lama.

4. Amblyopia

Amblyopia adalah jenis penyakit mata malas yang banyak dialami oleh anak-anak. Hal ini terjadi karena salah satu mata dan otak tidak bekerja sama dengan baik. Oleh karena itu, fungsi atau penglihatan salah satu mata menurun.

Amblyopia atau mata malas yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan kebutaan karena kondisi mata terus menurun.

5. Buta Warna

Buta warna merupakan salah satu jenis penyakit mata yang cukup umum. Penyakit ini membuat orang tidak dapat mengenali beberapa jenis warna. Menurut berbagai sumber, buta warna terjadi ketika sel-sel warna di mata tidak berfungsi bahkan tidak ada.

Kondisi paling parah membuat orang hanya melihat dalam bayangan abu-abu. Buta warna dapat terjadi sejak lahir maupun karena penyakit tertentu.

6. Glaukoma

Melansir dari berbagai sumber, jenis penyakit mata yang satu ini menjadi salah satu penyebab kebutaan. Glaukoma terjadi karena adanya tekanan pada bola mata, sehingga merusak saraf-saraf penglihatan.

Terdapat dua jenis glaukoma, yaitu glaukoma sudut terbuka primer dan sudut tertutup. Penyakit ini disebabkan oleh keturunan, usia, diabetes, ablasi retina, dan lainnya.

7. Katarak

Katarak juga menjadi salah satu penyebab kebutaan. Penyakit ini umumnya terjadi pada lansia. Namun, katarak juga dapat terjadi di usia mudia karena faktor keturunan. Katarak membuat mata terasa berawan, sehingga penglihatan menjadi kabur.

Beberapa faktor penyebab katarak adalah penyakit mata, diabetes, hingga hipertensi yang tidak diatasi.

Baca Juga: Begini Cara Tes Mata Minus Di Rumah Dengan Mudah Dan Akurat Dengan SATURDAYS

Periksa Mata dengan Rutin untuk Mendapatkan Penanganan yang Tepat

Itulah beberapa jenis penyakit mata yang umum terjadi. Beberapa penyakit mata seperti katarak, glaukoma, dan amblyopia dapat menyebabkan kebutaan, loh! 

Maka dari itu, penting untuk memeriksa kesehatan mata secara rutin. Kamu dapat memeriksa mata ke dokter mata apabila memiliki gejala berat dan memerlukan penanganan khusus. Kamu juga bisa memeriksa mata di optik untuk pemeriksaan mata minus, plus dan silinder yang tidak disertai keluhan serius lainnya.

Silahkan datang ke optik SATURDAYS untuk pemeriksaan matamu. SATURDAYS memiliki tenaga ahli yang akan memeriksa mata, memberikan resep lensa dan membantumu memilih bingkai dan lensa kacamata yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

SATURDAYS juga menyediakan program Home Try-On untuk kamu yang tidak punya waktu untuk pergi ke toko. Tenaga ahli dari SATURDAYS akan datang ke rumahmu. Cek info selengkapnya di sini!