Tes Buta Warna, Bisakah Secara Gratis?

Kamu pasti pernah mencari contoh tes buta warna sebelum mengikuti proses kesehatan untuk seleksi rekrutmen tertentu. Kebanyakan orang tidak menyadari gangguan buta warna yang dialaminya, karena dampaknya tidak langsung kelihatan. Oleh sebab itu, tes buta warna diwajibkan di profesi tertentu,

Sebelum menggali lebih dalam mengenai buta warna, kamu perlu tahu bahwa buta warna bukan sesuatu yang perlu ditakutkan. Jika kamu memutuskan untuk mengikuti contoh tes buta warna setelah membaca artikel ini, jangan kecil hati jika ternyata kamu tidak bisa melihat warna tertentu. Buta warna merupakan bawaan lahir secara genetik. Walaupun, tetap ada solusi untuk membantu komunitas buta warna.

Baca terus artikel nya untuk mengetahui beberapa macam buta warna dan solusi yang bisa membantu. Namun sebelumnya, mari kita lihat proses dari tes buta warna itu sendiri. Secara umum, tes buta warna mempunyai dua tipe, yaitu angka dan garis warna.

Tes buta warna angka

1cmSvzQx CkO252V1Se9yqlbxDnp2WvSsVyvEZJ1LIBlu8YkStCyjAGlwBHu7qb9qzf3wGVvz00XAxJ8HlEzbA067ktJa fH1oYad1 4k3YgP QxVBgL6mL mZPM7H4iWraMVb1jGGiqY z1VDBZkk4

Jika ingin mencoba contoh tes buta warna angka, kamu cukup menemukan angka di dalam soal yang warnanya tampak melebur dengan background. Warna yang terlihat bisa bermacam-macam dengan tingkat kecerahan yang juga bervariasi. 

Tes buta warna sulit

Meskipun sebagian instansi hanya memberikan soal mudah, tapi seperti apa sih contoh tes buta warna yang sulit? Biasanya di tes yang sulit, beberapa warna tampak melebur menjadi satu dengan background. Angkanya sendiri bisa merupakan kombinasi beberapa angka sekaligus.

Penasaran ingin mencoba contoh tes buta warna arah garis? Kamu cukup melihat saja kemana arahnya. Di soal sulit, kemungkinan arah garisnya melengkung atau berputar. 

Tes buta warna online

Walaupun tes buta warna resmi perlu dilakukan di pusat layanan kesehatan untuk mendapatkan diagnosa yang akurat, kamu bisa mencari contoh tes buta warna online jika hanya ingin mencoba. Biasanya soal yang diberikan tergolong mudah dan bisa semakin sulit setelah mampu menjawab dengan tepat.

Berbeda dengan tes resmi di instansi formal, tes buta warna online tidak dipungut biaya. Contoh tes buta warna online dapat ditemukan di sejumlah website hingga aplikasi smartphone. Ketika ingin mencoba, pastikan kamu menyesuaikan cahaya layar gadget agar tidak terlalu terang atau terlalu gelap.

Kunci jawaban biasa tersedia untuk setiap tes online sehingga kamu bisa langsung mengetahui hasilnya.

Beberapa macam buta warna

Setelah menjawab contoh tes buta warna, jika kamu kesulitan melihat warna tertentu, ada baiknya mengetahui beberapa macam kebutaan warna:

1. Buta warna merah-hijau

Kebutaan warna ini cukup umum ditemukan. Biasanya penyandang buta warna ini melihat merah sebagai hijau (protanomaly), melihat hijau sebagai merah (deuteanomaly) atau sulit membedakan keduanya (protanopia dan deuteranopia).

2. Buta warna biru-kuning

Kebutaan warna kategori ini membuat penyandangnya melihat biru dan hijau sebagai warna yang sama dan kuning dan merah sebagai warna yang sama (tritanomaly). Penyandang buta warna kategori biru-kuning juga kesulitan membedakan corak yang berasa dari biru dan kuning, seperti hijau, ungu, merah dan merah muda (tritanopia).

3. Buta warna utuh

Kebutaan warna seutuhnya menyebabkan penyandangnya tidak melihat warna sama sekali. Namun hal ini sangat jarang terjadi.

Solusi pengaturan

Jika kamu kesulitan melihat beberapa warna setelah mengikuti contoh tes buta warna, kamu bisa mengikuti metode berikut untuk membantu aktivitas sehari-hari:

  1. Pencahayaan yang baik. Cahaya dapat membantu mata melihat warna lebih jelas.
  2. Beri label untuk pakaian atau atur berdasarkan warna untuk memudahkan memilih pakaian. Tidak perlu malu untuk mengajak seorang teman menemanimu belanja pakaian. Teman dan kerabat yang baik pasti dengan senang hati membantu.
  3. Memasak dengan metode lain terlebih jika kamu tidak bisa melihat warna kecoklatan atau merah muda yang menandakan makanan masih mentah atau belum matang. Gunakan termometer atau metode pendengaran dan perasa untuk mengidentifikasi masakan.
  4. Pasang bantuan di alat elektronik dengan mengatur pengaturan warnanya untuk memudahkanmu melihat dan mengidentifikasi.

Jika kamu diwajibkan untuk tes secara resmi untuk pekerjaan tertentu seperti pilot dan perancang, sebaiknya mencari contoh tes buta warna online dahulu untuk berlatih. Filter kacamata anti radiasi akan sangat membantu ketika melakukan tes. SATURDAYS menyediakan blue ray filter di setiap lensa yang kamu beli. Sekali lagi, jika kamu kesulitan menjawab tes, jangan berkecil hati. Konsultasikan ke dokter dan tetap semangat!