Ketahui Ciri-Ciri Kacamata Anti Radiasi dan Manfaatnya

Dari berbagai macam jenis lensa kacamata yang populer di pasaran, salah satu yang banyak dicari adalah kacamata anti radiasi. Radiasi adalah bentuk energi yang berasal dari cahaya tak terlihat, seperti sinar UV dan blue light.

Meskipun namanya relatif baru, isu sinar biru sudah ada sejak lama terutama dari radiasi komputer. Sinar biru dianggap menghasilkan radiasi yang sangat tinggi, bahkan lebih dari sinar UV. Oleh karena itu, banyak orang mencari kacamata anti radiasi karena dinilai mampu melindungi mata dari cahaya biru yang berasal dari gadget

Jika kamu banyak menatap layar gadget, seperti laptop dan ponsel karena tuntutan pekerjaan, maka menggunakan kacamata anti radiasi patut dipertimbangkan. Agar tidak salah pilih dan penggunaannya maksimal, ketahui terlebih dahulu ciri-ciri kacamata anti radiasi dan manfaatnya di bawah ini!

Baca Juga: Lensa High Index, Lensa Super Tipis Untuk Minus Tinggi

Ciri-ciri Kacamata Anti Radiasi

1. Ciri-ciri Kacamata Anti Radiasi

1. Lapisan Lensa Kacamata

Ciri-ciri kacamata anti radiasi yang pertama dapat dilihat dari lapisan lensa. Lensa kacamata anti radiasi umumnya terbuat dari lapisan logam yang mampu menahan sinar biru dari kedua sisi. Lapisan logam ini dapat mengahalu 60-80 persen cahaya biru yang dipaparkan oleh gadget.

Selain itu, lapisan lensa kacamata anti radiasi juga tersusun dari tiga lapisan, yakni anti silau, lapisan keras, dan logam anti air. Ketiga lapisan ini dapat menjadi pembeda antara kacamata anti radiasi dengan kacamata biasa.

2. Warna Lensa Kacamata

Ciri-ciri kacamata anti radiasi lainnya dapat dilihat dari warna lensa kacamata. Pada lensa kacamata anti radiasi photochromic, warna lensa kacamata akan berubah menjadi hitam atau abu-abu ketika di luar ruangan. Warna lensa kacamata anti radiasi ini akan kembali bening ketika berada dalam ruangan.

Selain itu, lensa khusus anti blue light akan terihat sedikit lebih kuning dari lensa normal. Hal ini patut menjadi pertimbangan untuk kamu yang bekerja di bagian desain karena warna lensa yang agak menguning dapat mempengaruhi ketelitian dalam bidang pekerjaan tertentu.

3. Menggunakan Lensa Anti Reflektif

Menggunakan lensa anti reflektif juga menjadi ciri-ciri kacamata anti radiasi lainnya. Lensa anti reaktif inilah yang bekerja untuk menghalau cahaya biru dari gadget. Dengan begitu, mata tidak akan terlalu lelah dan meminimalisir sakit kepala akibat cahaya biru karena menggunakan gadget dalam waktu yang lama.

Manfaat Kacamata Anti Radiasi

1. Mencegah Mata Lelah

Tahukah kamu ketika terlalu melihat layar gadget mata akan terasa lelah? Salah satu penyebabnya adalah sinar biru yang dipaparkan. Untuk itu, penggunaan kacamata anti radiasi dapat mencegah dari mata lelah, sehingga dapat meminimalisir penyakit mata, seperti mata kering dan lainnya.

2. Melindungi Mata dari Sinar Ultraviolet

Selain melindungi mata dari paparan cahaya biru dari gadget, kacamata anti radiasi juga berguna untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet. Pasalnya, terkadang orang lupa untuk melindungi mata dari efek buruk sinar matahari. Padahal, efek buruk sinar matahari itu nyata dan bahaya jika tidak dihalau sejak dini.

3. Menyegarkan Penglihatan

Salah satu teknologi pada kacamata radiasi adalah mampu menyesuaikan cahaya di tempat kamu menggunakan gadget. Dengan begitu, paparan sinar biru dari layar tidak akan menganggu penglihatan kamu atau membuat silau. Menggunakan kacamata anti radiasi menjaga penglihatan tetap terasa segar.

Baca Juga: Begini Cara Tes Mata Minus Di Rumah Dengan Mudah Dan Akurat Dengan SATURDAYS

Beli Kacamata Anti Radiasi dan Kacamata Lainnya di SATURDAYS

Itulah ciri-ciri kacamata anti-radiasi beserta manfaatnya. Walaupun tidak ada penelitian yang menyatakan bahwa lensa biru dapat merusak mata, namun mata yang terpapar sinar biru terlalu lama sering kali menjadi lelah, kabur dan tidak nyaman. 

Menggunakan kacamata anti radiasi akan sangat bermanfaat untuk kamu yang rutin menggunakan gadget dalam waktu yang lama. Jangan lupa juga atur posisi duduk dengan benar ketika menggunakan gadget, sesuaikan pencahayaan dan istirahatkan mata setiap 20 menit.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan kacamata anti radiasi, beli saja di SATURDAYS! SATURDAYS memiliki banyak jenis lensa kacamata serta bingkai kacamata yang berkualitas. Tenaga ahli dari SATURDAYS akan membantu kamu memilih bingkai kacamata, lensa dan filter yang paling sesuai untukmu.

Yuk, segera kunjungi toko SATURDAYS terdekat dan temukan kacamata impian kamu. Kamu juga bisa mengecek model-model kacamata SATURDAYS secara online di sini!