5 Cara Merawat Mata Agar Penglihatan Tetap Jelas dan Sehat

Masih banyak orang yang mengabaikan kesehatan mata. Padahal cara merawat mata cukup mudah untuk dilakukan. Pasalnya, apabila mata tidak dirawat dengan baik maka mata dapat terjadi gangguan, salah satunya adalah penglihatan buruk yang mengganggu aktivitas harian.

Perlu diketahui bahwa mata yang telah mengalami gangguan bisa membutuhkan proses yang lama untuk pemulihan. Masalah mata sebenarnya dapat dihindari dengan mempraktikan beberapa kebiasaan perawatan mata. Maka dari itu, sebelum mata kamu mengalami gangguan, rawatlah mata kamu dengan baik dan benar.

Lantas, bagaimana cara merawat mata yang baik dan benar? Berikut beberapa cara merawat mata yang bisa kamu lakukan agar mata tetap sehat dan penglihatan pun jelas!

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mata Dengan Tidur Yang Cukup Dan Berkualitas

Cara Merawat Mata yang Baik dan Benar

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara Merawat Mata

Salah satu cara merawat mata yang paling mudah adalah mengonsumsi makanan yang sehat karena menjaga mata yang sehat melibatkan tubuh secara keseluruhan. 

Melansir dari berbagai sumber, nutrisi yang baik untuk kesehatan mata di antaranya adalah vitamin C, vitamin E, zinc, hingga lutein. Untuk itu, konsumsilah buah, sayur, dan lainnya yang kaya akan antioksidan secara rutin. Mengkomsumsi makanan kaya lemak omega-3 seperti ikan juga akan mencegah degenerasi makula. 

2. Menggunakan Kacamata Pelindung

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, cara merawat mata lainnya adalah menggunakan kacamata pelindung. Tidak hanya kulit yang harus dijaga dari paparan sinar UV A dan UV B, namun mata juga perlu dilindungi dari sinar tersebut. 

Selain menggunakan topi, gunakanlah kacamata pelindung atau sunglasses berkualitas. Pilihlah sunglasses dengan lensa photochromic. Lensa ini akan berubah warna menjadi lebih gelap ketika terpapar sinar matahari.

Untuk aktifitas lainnya, baik di dalam atau di luar ruangan, pastikan juga mata selalu terlindung. Misalnya, gunakan pelindung mata ketika berenang untuk melindungi mata dari klorin atau ketika berkebun untuk melindungi mata dari debu dan bakteri.

3. Menggunakan Softlens Berkualitas

Cara Merawat Mata

Jika kamu rutin menggunakan softlens, pastikan kamu menggunakan softlens berkualitas. Selain itu, perhatikan kebersihan dan jangka waktu pemakaiannya. Selalu bersihkan tangan sebelum menggunakan softlens dan hindari pemakaian softlens lebih dari 7 jam per hari.

4. Istirahatkan Mata dengan Cukup

Terlalu lama menatap gadget juga dapat meningkatkan risiko kerusakan mata. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi, kan? Maka dari itu, istirahatkanlah mata dengan cukup. Batasi penggunaan gadget dan alihkan pemandangan setiap 30 menit. Kamu dapat melihat objek yang berada jauh di depan untuk mengurangi ketegangan otot mata dan berkedip 20 kali untuk mencegah mata kering.

Pastikan juga tubuh mendapatkan istirahat malam yang berkualitas sehingga kesehatan mata tetap terjaga.

5. Rutin Periksa Mata

pexels ksenia chernaya 5715892

Rutin periksa mata juga menjadi salah satu cara merawat mata agar penglihatan tetap sehat dan mendapat penanganan yang tepat. Kamu dapat memeriksa mata minimal 2 kali setahun ke dokter mata maupun tenaga ahli, seperti optik. Jika kamu memiliki masalah mata minus atau plus tanpa keluhan, kamu bisa periksa mata di optik untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan matamu.

Baca Juga: Apakah Softlens Bisa Dibawa Tidur? Simak Informasinya Di Sini!

Temukan Kacamata dan Soflens Berkualitas di SATURDAYS

Itulah beberapa cara merawat mata yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan membatasi penggunaan gadget, lindungilah mata dari paparan sinar matahari secara langsung dengan menggunakan pelindung khusus.

Jika menggunakan softlens, gunakanlan softlens berkualitas dan perhatikan jangka waktu pemakaiannya. Rutinlah periksa mata ke dokter mata atau tenaga ahli untuk mengetahui perkembangan kesehatan mata kamu.

Untuk kamu yang mencari sunglasses dan softlens berkualitas, silahkan kunjungi SATURDAYS! Kami menyediakan berbagai macam sunglasses dengan lensa dan filter terbaik yang akan melindungi mata kamu.

Kamu juga bisa memeriksa mata di SATURDAYS dengan para tenaga ahli kami, loh! Kami akan membantu kamu mendapatkan kacamata atau softlens yang sesuai dengan kebutuhan.

Yuk, kunjungi toko SATURDAYS terdekat! Kamu juga bisa melihat koleksi kami secara online di sini. Selain itu, jika kamu tidak punya waktu ke luar rumah, nikmati layanan Home Try-On dari SATURDAYS. Simak informasi selengkapnya di sini!