5 Cara Menyetel Kacamata Plastik dengan Mudah

Karena digunakan sehari-hari dalam jangka waktu lama, kacamata memang bisa terasa kendur. Biasanya, bagian tangkai terasa longgar, sehingga kacamata mudah melorot. Hal ini sangat mengganggu kenyamanan dan aktivitas yang kamu lakukan. 

Nah, beberapa cara menyetel kacamata plastik juga cukup mudah dilakukan di rumah. Kamu hanya memerlukan peralatan seperti, hair dryer, tang, dan obeng kecil. Berikut rangkuman cara menyetel kacamata dengan mudah!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kacamata Anak Anti Radiasi Terbaik

Cara Menyetel Kacamata Plastik dengan Mudah

1. Gunakan Kacamata dan Berkaca di Cermin

Cara menyetel kacamata plastik yang pertama adalah berkaca di cermin saat menggunakan kacamata. Posisikan lensa hingga di titik ternyata, baik dari sisi penggunaan maupun penglihatan kamu. Jika terasa tidak nyaman, ketahui apakah itu berasal dari bagian bantalan hidung, tangkai, atau lensa.

2. Letakkan di Meja yang Datar

Setelah itu, letakkan kacamata di tempat yang datar. Umumnya, jika kacamata tidak sejajar, salah satu bagian tangkai tidak akan menempel pada meja. Untuk itu, kamu bisa melakukan penyetelan manual. Pada bagian inilah tang dan obeng kecil diperlukan.

Hangatkan tangkai kacamata menggunakan hair dryer. Kemudian, tekuk tangkai dengan tang hingga posisinya sejajar antara satu sama lain. Namun, apabila tangkai yang sejajar tidak terasa nyaman saat digunakan, bisa jadi karena telinga kamu tinggi sebelah.

3. Perhatikan Tangkai Kacamata

Selain membuat tangkai kacamata sejajar dan sesuai dengan tinggi telinga, kamu bisa menekuk tangkai kacamata ke bagian dalam atau luar. Pastikan kacamata benar-benar terasa nyaman saat digunakan.

4. Kencangkan Bagian Sekrup Tangkai Kacamata

Bagian kacamata yang perlu diperhatikan lainnya adalah sekrup tangkai kacamata. Terkadang tangkai kacamata sudah berada di posisi yang tepat, tetapi kacamata masih terasa longgar. Untuk itu, kamu bisa kencangkan bagian sekrup tangkai kacamata dengan obeng kecil.

5. Perhatikan Bagian Bantalan Hidung

Agar kacamata yang kamu gunakan semakin terasa nyaman dan pas di wajah, perhatikan bagian bantalan hidung atau nosepad. Cara menyetel kacamata plastik bagian nosepad adalah dengan menaikan maupun menurunkannya.

Tips Merawat Kacamata

Untuk kacamata yang lebih awet dan tidak mudah kendor, simpanlah kacamata di tempatnya untuk menghindari kacamata terjatuh atau tertimpa benda yang berat. Hal ini dapat memperpanjang umur pemakaian kacamata, loh!

Gunakan lap microfiber untuk mengelap lensa untuk menghindari noda dan goresan. Dengan begitu, kacamata akan terasa nyaman untuk digunakan dan bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Berapa Harga Cek Mata Di Optik, Puskesmas, Atau Rumah Sakit?

Temukan Kacamata Terbaik dan Terlengkap di SATURDAYS

Itulah rangkuman cara menyetel kacamata plastik di rumah dengan mudah di rumah. Namun, beberapa kondisi atau kerusakan kacamata tidak dapat diatasi sendiri, tetapi harus dilakukan di optik. Untuk itu, penting untuk membeli kacamata terbaik dari optik yang memberikan garansi kerusakan.

Jika kamu sedang mencari kacamata baru, temukan koleksi terlengkap di SATURDAYS! Kami membrikan 30 hari jaminan kepuasan dan garansi kerusakan selama 1 tahun. Kunjungi SATURDAYS terdekat tanpa perlu membuat janji terlebih dahulu. Ada banyak ukuran dan model kacamata yang bisa kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Jika ingin mengecek koleksi kamu secara online, kamu bisa melihatnya di sini

Nikmati juga program Home Try-On dan tenaga ahli kami akan datang ke rumah kamu dengan seluruh koleksi kacamata SATURDAYS. Kamu juga bisa mendapat pengecekan mata secara gratis, loh! Kamu hanya perlu mengisi form dan nantikan kunjungan kami ke rumah kamu! Yuk, cek informasi Home Try-On selengkapnya di sini!