6 Cara Menyembuhkan Mata Minus Paling Ampuh

Apakah kamu ingin mengetahui cara menyembuhkan mata minus karena kamu kesulitan melihat objek yang jauh?

Banyak orang ingin mengobati dan menyembuhkan mata minus, baik dengan cara natural atau menggunakan medis. Untungnya, ada banyak hal yang biasa kita lakukan untuk menyembuhkan mata minus, atau setidaknya mengurangi kerusakannya.

Tidak harus dengan operasi mahal atau menggunakan kacamata yang mahal. Ikuti tips ini untuk meningkatkan penglihatan secara alami dan cepat.

6 Cara mengurangi mata minus secara alami dan medis

1. Buang kebiasaan buruk yang merusak kesehatan mata

Gbqloo7 IOFS4GdUT0SyJO NoGoF a 3Vyt1YsK3DZc3mmlsSXvVpVIdPXAkxRAv K 6q4t0048sKe0iPYm6l8QC xf4jnDiBIihYXiuX igTKhxlP42mA0gzL0Ibce4n Fw5p4QpGGmywuI1GOpReInwBiUcy 63Wcml7lLB82I0VqbokJDv DA

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan dan memperparah mata minus adalah merokok dan minum alkohol. Merokok dapat menyebabkan glaukoma, katarak, AMD, mata kering, dan retinopati diabetik. Belum lagi efek asap rokok bisa menyebabkan penyakit mata anak kecil di sekitar kita. 

Minum alkohol juga sama merusaknya karena melemahkan otot-otot di dalam dan di sekitar mata yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Alkohol dapat merusak saraf optik yang diandalkan otak untuk mengirimkan gambar.

Kandungan dalam alkohol juga dapat menyebabkan migrain, sensitivitas cahaya, penglihatan kabur, kemerahan dan penurunan penglihatan warna. Jika ingin meningkatkan penglihatan secara alami, sebaiknya berhentilah merokok dan minum alkohol. 

2. Kurangi paparan cahaya pada mata

Kebiasaan gaya hidup yang mungkin tidak kita sadari mempengaruhi penglihatan adalah berada di depan komputer dalam waktu lama. Layar digital, dari laptop hingga smartphone, dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius. 

Adapun kondisi yang paling menonjol adalah Computer Vision Syndrome (CVS). Terlalu lama waktu di depan layar dapat menyebabkan ketegangan mata, kekeringan, kemerahan dan iritasi. CVS umum di kalangan pekerja kantoran dan mahasiswa. 

Waktu yang berlebihan di depan layar juga dapat menyebabkan minus semakin bertambah. Idealnya, untuk menyembuhkan mata minus adalah dengan mengurangi waktu menggunakan komputer atau laptop. 

Untuk mengatasi efek buruk akibat terlalu banyak menggunakan komputer, sering-seringlah mengistirahatkan mata. Kamu bisa mengatur timer di ponsel untuk mengingatkan kapan waktu untuk beristirahat dari layar. Pergilah ke luar setiap hari untuk melihat objek pada jarak yang bervariasi.

Kamu juga bisa berlatihlah dengan telapak tangan untuk merilekskan mata dan memberi waktu istirahat yang dibutuhkan. Memberi kesempatan untuk mata memulihkan diri dari paparan akan membantu mengurangi minus secara alami.

3. Perbaiki pola makan

Retina di mata kita memiliki kebutuhan metabolisme tubuh tertinggi dan ketika mata minus, maka kemampuan tubuh untuk memelihara sel-sel di mata jadi berkurang. Mata membutuhkan banyak antioksidan dan memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi dapat membantu memelihara kesehatan mata. 

Secara khusus, kromium telah terbukti sebagai mineral penting dalam memperlambat mata minus atau miopia progresif. Mineral lain seperti selenium dan magnesium juga sangat penting. Jadi, kurangi makanan inflamasi seperti karbohidrat, gula, dan makanan olahan. Konsumsi buah-buahan ataupun sayuran hijau dengan kandungan vitamin A tinggi secara rutin juga bisa meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata. 

Selain itu, ada korelasi kuat antara kadar gula darah dan kesehatan retina. Jadi alangkah baiknya jika kita meningkatkan kadar glutathione. 

Nutrisi satu ini sangat penting bagi mata untuk meningkatkan oksigenasi dan hidrasi di mata. Ketika glutathione ini kurang, mata tidak dapat menghilangkan radikal bebas dan membersihkan penumpukan sisa metabolisme. 

Metabolisme memainkan peran penting dalam menjaga lensa mata tetap jernih.

Adapun makanan dengan kandungan glutathione terbanyak terdapat pada daging merah, telur, ikan sampai alpukat.

4. Berjalan-jalan di alam

Keluar dan berjalan-jalan di alam memiliki dampak besar pada otak dan sangat bagus untuk menghilangkan stres visual di mata. Mereka yang banyak terpapar elektronik dan teknologi menghabiskan waktu lama berada di dalam ruangan tanpa disadari.

Nah, ketika berjalan-jalan di luar, terutama alam, maka aktivitas itu memungkinkan kita untuk memperluas penglihatan, menenangkan pikiran dan membantu menghilangkan stres di mata dan tubuh.

5. Lakukan latihan mata

Seperti otot lain di tubuh kita, otot mata juga perlu aktif. Cara menyembuhkan mata minus alami adalah dengan berlatih menggerakkan tubuh dan mata setiap hari. Latihan mata seperti ini dapat menyembuhkan mata minus secara alami. 

Tidak hanya secara internal, kita bisa menggunakan latihan mata untuk menghilangkan stres visual. Ada beberapa latihan sederhana yang dapat dilakukan setiap hari yang akan bermanfaat bagi mata. 

Pertama, tutup kedua mata rapat-rapat, lalu buka secara tiba-tiba. Setelah membukanya, regangkan wajah dan melengkungkan alis. Cobalah latihan ini beberapa kali dalam setiap hari. 

Cara kedua, putarlah mata ke arah yang berbeda dan perlahan-lahan berkonsentrasi pada satu mata pada sekali waktu. Coba lakukan ini belasan kali dalam sehari. 

Cara ketiga adalah dengan menggosok kedua telapak tangan lalu meletakkan tangan di atas mata tanpa menyentuh kelopak mata untuk mengurangi ketegangan pada mata dan meningkatkan penglihatan.

Cobalah melakukan latihan mata ini setiap hari untuk meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan stres yang menumpuk di mata.  Stres yang menumpuk akan memperparah mata minus.

6. Periksa ke dokter mata

rT6WC9au93aYMf20OQ9VlisYVErPcj6EVyIX6oYIqLY TZ7QPKnjgTqJj5g5B W

Cara yang terakhir adalah dengan mengunjungi ke dokter mata untuk dapatkan obat tetes medis yang sesuai dengan gejala dan jumlah minus. Jika ingin sembuh dengan cepat, maka bisa menggunakan metode LASIK. Laser-Assisted in Situ Keratomileusis ini menjadi metode ampuh dalam medis untuk sembuhkan mata minus.

Cara menyembuhkan mata minus terbaik adalah dengan melakukan beberapa latihan mata sederhana setiap hari, mengurangi kebiasaan buruk dan mengkonsumsi makanan yang tepat. Untuk memberi kenyamanan penghelihatan bagi penderita mata minus, SATURDAYS menyediakan berbagai frames dan lensa. Kamu bisa mengunjungi SATURDAYS kapan saja untuk konsultasi lebih lanjut.