8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Dari pagi hingga malam, kamu pasti dikelilingi oleh banyak jenis gadget dan suka berlama-lama menatap layar. Aktivitas tersebut akan menyebabkan peningkatan masalah terkait mata yang menurunkan penglihatan. Itulah mengapa kamu perlu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan mata.

Mata adalah bagian yang sangat penting karena kita memerlukan penglihatan untuk bisa melakukan pekerjaan. Beberapa cara ini bisa menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsi penglihatan secara alami.

8 Cara menjaga kesehatan mata

1. Pastikan mata memiliki waktu istirahat yang dibutuhkan 

jnm XmC8OQzbLeHUE4eXx7gXZmM5a5Hbf9DMdDd bSsQt1dQJfuagbSfq iXKbuTou4fVTzoVRWqMNto FL IOT5KuybER09kbGQEn SCBTxNiLa1RsYeLgvKlLKz94ONZ0fz ToCVHL SGWebb2uuFQPYZoGfDE6PbEesMQak3hjQAYKhfvswPyw

Setiap orang membutuhkan tidur minimal 8 jam per hari. Istirahat sangat dibutuhkan untuk membuat otot mata dan retina bekerja dengan baik karena pekerjaan sehari-hari membuat mata tegang dan mengurangi penglihatan. 

Sama seperti bagian tubuh lainnya, matamu juga perlu diisi ulang, dan ini terjadi saat kamu tidur. Jadi, pastikan tidur yang cukup setiap hari agar mata tetap segar dan sehat.

Tidak hanya tidur cukup saja, kamu juga harus istirahat teratur 5-10 menit sepanjang hari untuk merilekskan mata. Pastikan selalu mengistirahatkan sejenak mata setiap kali merasakan kelelahan. 

2. Lakukan olahraga mata

Selanjutnya, kamu bisa mencoba latihan atau olahraga mata. Semua latihan akan mengendurkan otot mata, menghilangkan stres, meningkatkan penglihatan, meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan penglihatan.

Saat melakukan olahraga mata, kamu harus membutuhkan latihan pernapasan. Nafas masuk dan keluar harus dilakukan secara terus menerus. Setelah melakukan salah satu latihan pernafasan, kamu bisa memejamkan mata dan rileks untuk beberapa waktu. 

Cobalah untuk melakukan latihan kedipan. Untuk latihan ini, kamu hanya perlu duduk diam dengan mata terbuka dan mulai mengedipkan mata terus menerus setidaknya 20 kali. Selanjutnya, tutup mata dan duduk diam selama 1 menit. Cara menjaga kesehatan mata ini akan membuat matamu rileks dan menghilangkan stres.

3. Coba latihan telapak tangan

Selanjutnya, kamu bisa coba latihan telapak tangan. Pertama, duduklah dengan tenang lalu pejamkan mata. Kemudian ambil beberapa napas dalam-dalam untuk menenangkan pikiran dari pikiran yang tidak diinginkan. 

Kemudian gosok telapak tangan terus menerus sampai menjadi hangat. Tempelkan telapak tangan di mata itu sampai panas telapak tangan mendingin. Ulangi latihan hingga beberapa kali.

4. Atur pola makan 

Apa yang Anda konsumsi memiliki dampak besar pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk kondisi penglihatan.

Selain minum cukup air, menjaga pola makan seimbang yang tinggi buah dan sayuran, rendah gula dan lemak jenuh, adalah salah satu hal paling bermanfaat yang dapat kamu lakukan untuk mata. Kamu juga bisa konsumsi buah citrus yang mengandung banyak vitamin C.

Vitamin C adalah pelindung utama melawan katarak dan degenerasi makula. Kamu dapat menemukan vitamin C dalam buah jeruk seperti jeruk, jeruk bali, lemon, dan beri. Jika kamu tidak menyukai buah-buahan dan mencari dosis vitamin C harian, cobalah suplemen vitamin C sederhana yang dapat kamu temukan di apotek.

Kamu juga bisa mengkonsumsi kacang merah, kacang hitam, dan lentil. Semuanya adalah sumber bioflavonoid dan seng yang baik dan dapat membantu melindungi retina, menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak. Seng juga membantu melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya.

Ingat, mengkonsumsi makanan kaya Vitamin C, A, seng, dan omega-3 akan membantu melindungi mata dan memungkinkanmu untuk memiliki penglihatan yang lebih jelas dan lebih tahan lama.

5. Rutin konsumsi ikan dan telur

Sdnnc HKtLSGe2Z5RVLCaYHZ82wAwV3FI199Cqh0RCFJu8iwiOUyWOvJeHgFDjtU 5xA4VyqmA4aqA Qsr7xB9CarmhKtsef MTvpgsmWcJdhdDhv6nbnzo

Menambahkan ikan ke dalam menu makananmu akan membantu melindungi dan meningkatkan penglihatan. Retina membutuhkan dua jenis asam lemak omega-3 agar dapat bekerja dengan benar, yaitu DHA dan EPA. 

Keduanya dapat ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan trout. Selain itu, omega-3 akan membantu melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia, katarak, mata kering, dan glaukoma.

Tidak suka makanan laut? Cobalah mengkonsumsi suplemen minyak ikan untuk mendapatkan peningkatan omega-3 dalam sistem. Selain ikan, kamu juga bisa konsumsi  telur. Kuning telur adalah sumber utama lain untuk lutein dan zeaxanthin, yang akan mengurangi risiko kehilangan penglihatan terkait usia. 

Telur juga merupakan sumber vitamin E dan C yang ramah mata, dan seng. Memilih sarapan telur beberapa kali seminggu akan membantu meningkatkan kesehatan mata.

6. Lindungi mata anda dari sinar matahari

Paparan sinar matahari dan UV bisa membuat  mata terkena resiko penyakit khususnya degenerasi makula. 

Bukan hanya itu saja, sinar UV mampu membakar kornea mata yang hasilnya bisa menyebabkan fotokeratitis. Jadi, selalu kenakan kacamata hitam untuk melindungi matamu. 

Cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus adalah dengan melindunginya dari paparan matahari. Jika Anda tidak nyaman mengenakan kacamata hitam, cobalah gunakan kacamata pelindung UV atau lensa kontak. Mengenakan topi, visor dan topi juga dianjurkan untuk melindungi mata.

7. Tetap terhidrasi

Asupan cairan yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk mata. Jika kamu cukup terhidrasi, maka asupan air dalam tubuh mampu mencegah mata menjadi kering dan teriritasi. 

Selain itu, jika kamu memakai riasan, pilih merek yang cocok untuk. Hindari eye shadow, maskara, dan eyeliners yang menyebabkan reaksi alergi pada mata. Jangan lupa aplikasikan make-up remover untuk bersihkan sisa kotoran atau make-up, khususnya di bagian mata. 

8. Jangan merokok

jMEQq5IJ0WhtPio6SXdlVjK0B uJ46 dpyooKPFm9Io3jPrN5naaxjeN Bxx7TEZG54GlHUQcQArGJuHioQNNv5OSSYdLPWgBkAH5LEi2HD TVJU5gWu9u vZXoyLvYxft0DxhXxAaOeb9bW8C4ri6iBSEm1GvE76miNesQwY CNHXe2z7AE5TCgg

Merokok adalah aktivitas yang bisa membuatmu terkena masalah terkait dengan penglihatan seperti katarak sampai degenerasi makula. Merokok bahkan bisa merusak bagian saraf optik yang bisa memberikan masalah buruk pada mata. Nah, jika kamu punya kebiasaan ini, maka mulailah untuk berhenti sesegera mungkin.

Jika kamu tidak mau ada masalah terkait dengan penglihatan, pastikan untuk menjaga kesehatan mata dengan baik. Ikuti cara menjaga kesehatan mata secara alami untuk membantu mencegah penyakit tertentu serta meningkatkan kesehatan penglihatan. 

Membutuhkan kacamata untuk membantu penglihatan? Kunjungi kami di SATURDAYS. Ada berbagai kacamata berkualitas untuk melindungi kesehatan matamu dengan harga terjangkau.