13 Cara Menghilangkan Kantung Mata Bengkak Paling Efektif

Kantung mata umumnya disebabkan oleh faktor genetik atau usia, tetapi juga bisa disebabkan oleh iritasi, kurang tidur, terlalu banyak makan garam, alergi, atau penyakit lainnya. Ada banyak cara menghilangkan kantung mata dengan pengobatan rumahan.

Jika kamu memiliki kantung di bawah mata karena usia atau genetika, perawatan kosmetik atau operasi dapat menghilangkan beberapa masalah. Namun, jika masalahnya adalah karena kelelahan, maka cobalah untuk menerapkan beberapa cara ini.

13 Cara untuk menghilangkan kantung mata hitam dengan mudah

1. Menggunakan mentimun 

Mentimun dapat meringankan kantung di bawah mata secara alami. Buah satu ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga berfungsi untuk mengurangi pembengkakan. 

Vitamin C yang terdapat dalam mentimun juga dapat diserap melalui kulit dan mengurangi bengkak di bawah mata. Cobalah iris-iris tipis mentimun untuk kemudian ditempelkan pada matamu. 

2. Kompres mata dengan kantong teh

Mengaplikasikan kantong teh basah berkafein dapat mengurangi kantong di bawah mata. Kafein memiliki sifat antioksidan dan merangsang sirkulasi darah, yang dapat mengurangi bengkak di sekitar mata.

Lebih baik lagi jika menggunakan kantong teh hijau karena lebih kaya dengan antioksidan alami yang memberikan sifat anti-inflamasi. 

3. Melakukan diet sehat

Kurangilah untuk mengkonsumsi makanan cepat saji camilan asin. Cobalah untuk mengurangi natrium sebab itu bisa menyebabkan tubuh meradang dan menahan cairan.

Dengan menurunkan jumlah garam yang kamu konsumsi, maka hal itu dapat membantu tubuh mengurangi bengkak, termasuk dengan kantung yang ada di bawah mata.

4. Rendam kapas ke ekstrak air kentang

Cara menghilangkan kantung mata alami lain yang tak terduga namun efektif adalah dengan kentang yang kaya akan vitamin C. Kentang merupakan sumber kolagen yang baik. 

Nah, hal yang perlu kamu lakukan hanyalah memarut beberapa kentang dan mengekstrak airnya. Kemudian rendam kapas ke perasan air kentang selama beberapa menit dan letakkan di mata selama sekitar 10 menit.

5. Oleskan susu dingin ke mata

Bagaimana cara menghilangkan kantung mata dengan bahan alami? Coba dengan menggunakan susu dingin! Susu kaya akan vitamin A dan retinoid yang membuat kulit tampak lebih cerah dan awet muda.

Untuk memanfaatkan kekuatan susu dan vitamin A, yang perlu kamu lakukan hanyalah merendam kapas dalam susu dingin selama beberapa menit dan letakkan kapas di mata.

6. Tempelkan kapas jus jeruk ke mata

Jeruk kaya akan vitamin A dan C, yang menjadikannya nutrisi bagus untuk mencerahkan wajah. Jika kamu ingin menghilangkan lingkaran hitam, campurkan beberapa tetes gliserin ke dalam jus jeruk dan rendam kapas di dalamnya. 

Selanjutnya, celupkan kapas ke rendaman jus dan tempelkan ke mata. Namun, ingat, jangan biarkan kapas masuk ke matamu.

7. Oleskan minyak arga ke mata

Minyak argan mengandung vitamin E yang dapat membantu menghilangkan kantung mata dalam waktu singkat. Untuk efektivitas maksimal, oleskan beberapa tetes minyak sebelum tidur di sekitar mata dan pijat lembut dengan jari manis. 

8. Oleskan minyak kelapa ke mata

Minyak lainnya yang dapat membantu menghilangkan kantung mata sekaligus menenangkan kulit adalah minyak kelapa. Minyak lembut ini penuh dengan sifat anti-inflamasi dan pelembab. 

Jika kamu memiliki kulit kering, minyak kelapa sangat efektif untuk  mengatasi kantung hitam. Sama seperti minyak argan, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke bawah mata dan pijat lembut.

9. Oleskan gel lidah buaya di bawah mata

Lidah buaya tidak hanya mengobati kantung matang saja, tetapi juga membuat kulit lebih sehat secara keseluruhan. Lidah buaya kaya dengan nutrisi yang menenangkan kulit dan memberi kelembapan.

Untuk menggunakan gel lidah buaya, oleskan sedikit di sekitar mata dan pijat lembut lalu biarkan semalaman. Kamu bisa mengaplikasikannya ke bawah mata setiap malam.

10. Gunakan masker kunyit

Kunyit adalah bahan yang kaya akan antioksidan dan zat anti inflamasi. Untuk menggunakan kunyit sebagai perawatan kulit, kamu hanya perlu tumbuk halus kunyit dan masukkan ke dalam jus nanas sebagai masker.

Konsistensi masker tidak boleh encer setelah itu oleskan di bawah mata dan biarkan selama sekitar 10 menit. Selanjutnya, bersihkan masker menggunakan kain lembut.

11. Oleskan kapas rendaman saffron ke mata

Cara menghilangkan kantung mata alami selanjutnya adalah saffron. Saffron tidak hanya memiliki kekuatan mencerahkan kulit tetapi juga mengandung antioksidan dan kekuatan anti-inflamasi. 

Masukkan satu sendok susu dalam mangkuk kecil dan tambahkan beberapa helai saffron ke dalamnya lalu pijat di sekitar mata. Selanjutnya, tempelkan kapas ke mata dan tunggu selama beberapa menit. Pastikan kamu membilasnya keesokan harinya. 

12. Kompres dengan es batu

OGKBPOuDE52z6i RoirzXx2HOxmnZv2g nCMA1sTYGR4SH9vg0dWrYfOCy2lZ5eH 2jIYPEfyZDHGrPFmnd7sJaSJfOJTQ82O5PYAjY2VlxWDbCdVQNbiO3fsaeROlus0SEGTzUsZowGXnBZu99GejWEO4PD5KYUiSI065tmUOoDki3q3XL FnBA

Salah satu penyebab utama lingkaran hitam adalah sirkulasi darah yang rendah, cukup gosokkan es batu di sekitar mata untuk menghilangkan kantung mata hanya dalam hitungan detik. 

Kamu juga dapat menggunakan kain lembab yang diisi dengan es batu atau sendok dingin untuk memberikan efek yang sama.

13. Oleskan madu ke mata

7ghbou1shuZRidslRIRpqqYB1tYdL5sm17GzEp6FDvc3uV1fJVswcIKBpZPcORyC1COL7oEFELkFCq1svWjfcMNulAj qddTKNpQymzeYhFdGeOyPwtiJaoecWpUDYgLI0Oht6dlTDijGNzkidVun 2oVuY9K1LWDPSW XFQPF8OaB eQsqfnnFPtA

Madu kaya akan polifenol yang bekerja untuk mengurangi tanda-tanda pigmentasi atau kantung mata. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah mencampur satu sendok makan madu dengan satu sendok teh air lemon.

Oleskan campuran di atas ke mata dan tunggu hingga 10 menit. Bilas dengan air. Untuk efektivitas yang maksimal, oleskan setidaknya sekali sehari sampai kantung mata mulai memudar.

Cara menghilangkan kantung mata bengkak di atas bisa diterapkan secara rutin setiap hari jika ingin segera hilang sekejap dan tidak meninggalkan bekas. 

Anda juga bisa mencoba menutupi kantung mata dengan menggunakan kacamata.  Kunjungi kami di SATURDAYS dan kami akan membantumu menemukan kacamata yang paling cocok untukmu.