7 Cara Mengatasi Mata Buram Paling Ampuh dan Mudah!

Siapapun dapat mengalami penglihatan yang buram karena berbagai macam sebab. Beberapa kasusnya bisa disembuhkan secara alami namun kadang memerlukan perawatan medis profesional. Penglihatan kabur juga bisa terjadi dari beberapa menit hingga berbulan-bulan. 

Sering berkutat dengan teknologi ternyata bisa membuat mata seseorang menjadi kabur atau buram. Kedengarannya menakutkan bukan? Namun kamu bisa mempelajari cara mengatasi mata buram saat penglihatan mengalami gangguan. 

Penyebab paling umum dari penglihatan kabur adalah retina yang terlepas. Ablasi retina terjadi karena dislokasi retina dari belakang mata, menghentikan suplai darah dan saraf.

Umumnya, ablasi retina terjadi karena penuaan dan cedera yang tidak disengaja. Jika kamu mengalami penglihatan kabur karena ablasi retina, maka Anda perlu mendapatkan perawatan medis segera. Jika tidak, kehilangan penglihatan adalah resiko yang tidak bisa dihindari.

Diabetes juga menjadi salah satu alasan lain yang membuat penglihatan kabur. Tergantung pada penyebab penglihatan kabur, ada beberapa cara untuk mengatasi mata buram.

7 Cara mengatasi mata buram atau kabur

1. Menggunakan tetes mata

Jika matamu buram karena kering sementara atau kamu mengalami ketidaknyamanan ringan akibat penggunaan komputer yang lama, membaca, mengerjakan tugas sekolah, atau situasi lingkungan lainnya yang membuat matamu kering dan buram, maka gunakanlah tetes mata.

Meneteskan obat ke mata adalah tindakan pertama yang ideal. Obat tetes bekerja paling baik bila digabungkan dengan kebersihan mata yang baik. 

Nah, di apotek sendiri ada banyak sekali pilihan obat tetes mata yang tersedia. Temukan pilihan terbaik yang sekiranya tidak menimbulkan iritasi atau dapat yang signifikan. Mintalah rekomendasi dari dokter mata untuk menentukan pilihan terbaik.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan apoteker untuk meminta saran tentang obat tetes mana yang harus digunakan dan seberapa sering kamu harus menggunakannya.

2. Menggunakan dekongestan

Selain menjadi obat flu, ternyata dekongestan juga bisa meredakan mata buram. Tetes mata dari dekongestan membantu mengurangi keburaman dan kemerahan pada mata dengan menyempitkan pembuluh darah superfisial mata. 

Hanya saja dekongestan ini dimaksudkan sebagai solusi jangka pendek dan hanya bisa digunakan tidak lebih dari tiga hari. 

Penggunaan jangka panjang justru dapat memperburuk gejala buram pada mata. Jadi, ada baiknya untuk menghindari penggunaan obat tetes ini jika sudah lebih dari tiga hari untuk mencegah mata semakin buram, merah dan komplikasi lainnya.

3. Mengenakan kacamata hitam

Q3hb9e5enOZlgfUD8I77FrbQvQX6wlRn6N0Xsh8Hbgh2iZfR ZCfvjM21XO9QigN67gG1F0plVN6EUmKAV9pYsw WwzwJIvc42CrrmYpJ4NFjHr1rR0UPpi26xG mTpg2HLdGq0bA9V5ef1nGJDku2 XwpzeMlciO

Bagaimana cara mengatasi mata buram secara alami? Kenakan kacamata hitam, bahkan saat mendung sekalipun, untuk membatasi paparan sinar UV. Cara satu ini merupakan tindakan pencegahan terbaik. 

Kacamata hitam tertentu dapat meningkatkan sensitivitas kontras sekaligus melindungi matamu dari udara kotor lingkungan yang dapat menyebabkan mata buram dan iritasi. Kacamata hitam juga membantu melindungi mata dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sinar UV dan sinar biru yang berlebihan. 

Lapisan lensa tertentu, seperti penghambat cahaya biru, dapat melindungi mata dari cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat digital. Cahaya biru memiliki panjang gelombang yang lebih pendek daripada sinar cahaya matahari dan paparan yang terlalu lama dapat menyebabkan mata buram, kering dan lelah.

4. Hindari asap atau apapun yang memicu iritasi mata

Asap, serbuk sari, debu, klorin, dan bulu hewan peliharaan dapat memicu alergi pada mata dan menyebabkan mata gatal dan buram. Namun, cara mengatasinya sangat sederhana.

Minimalkan paparan dengan tinggal di dalam rumah lebih banyak atau meminimalkan waktu di luar ketika kondisi lingkungannya sedang buruk.

Perhatikan juga pada musim pancaroba atau ketika banyak angin karena alergen seperti serbuk sari lebih mudah menyebar. Jadi berhati-hatilah dan lindungi matamu jika sensitif terhadap debu dan serbuk sari atau apapun yang sekiranya membuat mata sensitif dan buram.

5. mendengar gelombang frekuensi radio

Cara mengatasi mata buram yang satu ini mungkin tampak menakutkan tetapi sebenarnya merupakan salah satu pengobatan mata buram, kabur dan kering yang cepat dan aman.

Terapi gelombang frekuensi radio menggabungkan teknologi non-invasif dan laser yang dapat membantu mengobati penyakit mata.

Caranya adalah dengan membuka kelenjar minyak mata yang juga dikenal sebagai kelenjar meibom. Terapi ini memperbaiki gejala mata buram, merah dan kering dengan mencegah penguapan air mata. 

Frekuensi radio juga memiliki manfaat tambahan untuk anti-penuaan dengan merangsang produksi kolagen dan elastin yang mengurangi kerutan dan membuat kulit bercahaya. Berikut daftar manfaat terapi frekuensi radio di kulit:

  • Mengurangi keriput dan kerutan wajah
  • Menyamarkan garis halus di sekitar mata
  • Mencegah kulit kendur

6. Kompres hangat

Mata buram dan penglihatan yang terganggu karena terlalu lama di depan layar hingga menyebabkan mata sangat kering bisa sangat membahayakan. Air mata membersihkan kotoran dan melindungi mata dari infeksi dengan aktivitas lisozim. Oleh karena itu, mata yang buram bisa meningkatkan risiko terkena infeksi mata seperti keratitis.

Kamu bisa mengobati mata buram menggunakan pengobatan rumahan seperti kompres hangat dan pejamkan mata beberapa waktu sampai terasa agak lega. Namun, akan lebih baik untuk mengunjungi spesialis mata untuk perawatan jika memang infeksi sudah terlalu parah.

7. Sering menjaga kebersihan mata

Jika kamu mengalami gejala mata buram, satu tindakan yang harus dilakukan adalah mengevaluasi kemungkinan penyebab dan kemudian menghindarinya. Adapun sering mencuci tangan adalah kebiasaan penting untuk menjaga kesehatan mata.

Semua orang pasti menyentuh wajahnya beberapa kali sepanjang hari. Namun, menjaga tangan tetap bersih dapat membantu menghindari iritasi di dalam dan di sekitar mata. Jangan lupa untuk selalu gunakan handuk bersih untuk menyeka tangan dan wajahmu.

Cara mengatasi mata buram yang disebutkan di atas bisa kamu terapkan secara rutin jika kamu sedang mengalaminya. Mata buram yang tidak diobati dapat menyebabkan kebutaan karena mata buram dapat menyebabkan peradangan diikuti oleh abrasi kornea dan dapat berkembang menjadi ulserasi.Apabila kamu ingin membeli kacamata hitam sebagai salah satu perlindungan untuk mata, kunjungi kami di SATURDAYS. Ada berbagai model kacamata hitam sesuai gaya dan kebutuhanmu. Yuk, tunggu apalagi?