Ini 7 Cara Mencegah Penyakit Mata, Bikin Penglihatan Nyaman

Berbagai jenis penyakit mata sangat umum diderita oleh masyarakat. Tingkat keparahannya pun beragam, mulai dari penyakit mata yang dapat sembuh seiring berjalannya waktu hingga yang membutuhkan tindakan operasi. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan mata. Ada banyak cara mencegah penyakit mata yang dapat kamu lakukan, loh!

Cara mencegah penyakit mata ini dapat kamu lakukan di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan di antaranya adalah pola hidup yang sehat, membatasi penggunaan gadget, melindungi mata dari paparan sinar matahari, dan lainnya. Untuk itu, yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Cara Merawat Mata Agar Penglihatan Tetap Jelas Dan Sehat

Cara Mencegah Penyakit Mata

1. Tidur yang Cukup

Tahukah kamu bahwa tidur yang cukup dapat berpengaruh terhadap kesehatan mata? Maka dari itu, salah satu cara untuk mencegah penyakit mata adalah istirahat yang cukup. Namun perlu diketahui, lamanya waktu tidur setiap orang berbeda, tergantung usianya. Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur selama 7 jam agar tubuh terasa bugar saat bangun tidur. 

Agar sistem sirkadian tubuh kamu terjaga sebagaimana mestinya, sebaiknya kamu tidur dalam ruangan gelap dan hindari makan yang berat beberapa jam sebelum tidur.

2. Gunakan Kacamata Pelindung

Seperti sunscreen yang digunakan untuk melindungi kulit wajah, mata kamu juga perlu dilindungi dengan pelindung, seperti kacamata hitam! Hal ini berguna untuk melindungi mata dari efek buruk paparan sinar matahari.

Kacamata pelindung tidak hanya menghalau sinar matahari yang membuat silau, tetapi juga mencegah debu atau kotoran masuk ke mata. Karena apabila hal tersebut terjadi, mata akan terasa perih, merah, hingga berair.

3. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Asupan gizi yang kamu konsumsi setiap hari berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh, termasuk mata kamu. Nutrisi yang baik untuk kesehatan mata di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, zeaxanthin, dan zinc.

Nutrisi ini dapat kamu temukan dengan mudah di berbagai bahan makanan seperti wortel, brokoli, kacang, ikan tuna, telur, salmon, bayam, buah, beri, dan lainnya. Kamu dapat mengolahnya dengan berbagai cara sesuai dengan selera.

4. Bersihkan Makeup Mata

Cara mencegah penyakit mata lainnya adalah membersihkan makeup di area mata dengan benar. Pasalnya, apabila kamu tidak membersihkan makeup dengan sempurna, hal tersebut dapat membuat iritasi, seperti merah, gatal, dan berair.

Untuk membersihkan makeup di area mata, gunakan pembersih khusus yang lembut dan tidak perih. Kamu bisa memilih pembersih yang mengandung minyak atau cleansing balm untuk meluruhkan makeup yang waterproof.

5. Batasi Penggunaan Gadget

Ada berbagai macam penyakit mata yang disebabkan oleh penggunaan gadget yang berlebihan. Pasalnya, menggunakan gadget tanpa henti membuat mata terasa lelah, sehingga timbul rasa tidak nyaman.

Di sisi lain, penggunaan gadget dapat menjadi salah satu faktor penyakit mata minus, loh! Tentu kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Maka dari itu, penting untuk mengatasi penggunaan gadget.

6. Perhatikan Pemakaian Softlens

Softlens menjadi salah satu faktor terjadinya penyakit mata, seperti konjungtivitis. Maka dari itu, pastikan kamu menggunakan softlens dengan cara yang benar. Perhatikan kebersihan saat menggunakan softlens dan jangka waktu pemakaian.

Cucilah softlens sebelum dan sesudah menggunakannya dengan cairan khusus, dan jangan menggunakan softlens ketika tidur. Sebaiknya kamu tidak menggunakan softlens lebih dari 7 jam dan gantilah softlens sesuai jangka kadaluwarsanya.

7. Periksa Mata Rutin

Ini menjadi salah satu cara mencegah penyakit mata yang wajib kamu lakukan. Dengan periksa mata secara rutin, kamu dapat mengetahui kondisi kesehatan mata terkini, apakah terdapat kelainan dan lainnya.

Memeriksa mata secara rutin dapat kamu lakukan minimal setahun sekali. Kamu dapat memeriksanya ke dokter mata jika ada keluhan khusus dan tenaga ahli di optik jika tidak keluhan khusus.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mata Dengan Tidur Yang Cukup Dan Berkualitas

Periksa Mata dengan Mudah dan Tanpa Biaya di SATURDAYS

Itulah beberapa cara mencegah penyakit mata yang dapat kamu lakukan dengan mudah dan biaya yang mahal. Pasalnya, ada banyak penyakit mata yang dapat terjadi ke siapa saja, salah satunya konjungtivitis. Gejala penyakit mata tersebut di antaranya adalah mata merah, gatal, dan berair.

Selain konjungtivitis, penyakit mata seperti mata minus, plus, dan silinder juga kerap terjadi. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan mata dan melakukan pemeriksaan secara rutin. Kamu dapat memeriksa mata di dokter mata atau ke optik seperti SATURDAYS. Kamu bisa langsung datang tanpa perlu membuat janji dan biayanya pun gratis! Kunjungi SATURDAYS terdekat, nantinya tenaga ahli dari kami akan membantu memeriksa dan menganalisa kondisi mata kamu.

Apabila memerlukan perawatan khusus, seperti kacamata agar penglihatan menjadi lebih jelas, ada banyak koleksi bingkai kacamata di SATURDAYS yang dapat kamu pilih. Ada banyak bentuk, ukuran, dan warna yang dapat kamu sesuaikan dengan selera. Yuk, kunjungi SATURDAYS sekarang!