Ini 3 Cara Memperbaiki Frame Kacamata yang Patah

Bagaimana cara memperbaiki frame yang patah? Ada banyak faktor yang membuat frame kacamata patah, seperti terjatuh, terinjak, terbentur, dan lain sebagainya. Sebagai alat untuk membantu penglihatan menjadi lebih jelas, frame kacamata yang patah sangat menganggu aktivitas.

Tapi jangan khawatir! Tergantung dari kerusakannya, bingkai yang patah kemungkinan masih bisa diperbaiki. Tentu saja untuk beberapa kasus bingkai patah, kacamata harus diganti dengan yang baru. Namun beberapa kasus dapat diatasi dengan mudah dan cepat di rumah. 

Biasanya, frame kacamata patah di bagian brige, tangkai, dan nose pad. Lalu, bagaimana cara memperbaki frame yang patah? Berikut cara-cara memperbaiki bingkai kacamata dengan mudah dan cepat.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Frame Kacamata Pria Yang Keren

Cara Memperbaiki Frame yang Patah

cara memperbaiki frame yang patah

1. Memperbaiki Bridge yang Patah

Bridge merupakan salah satu bagian frame kacamata yang seringkali patah. Hanya saja, jika kacamata kamu terbuat dari logam, bridge yang patah sebaiknya diperbaiki di optik. Namun, jika kamacata kamu terbuat dari plastik, bridge yang patah dapat kamu perbaiki di rumah dengan mudah.

Ada beberapa cara memperbaiki frame yang patah, salah satunya hanya menggunakan lem perekat. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk memperbaiki bridge kacamata yang patah.

  • Bersihkan area bridge yang patah agar terbebas dari kotoran.
  • Lapisi area lensa terlebih dahulu agar tidak terkenal lem.
  • Oleskan lem perekat ke area brigde dan sambungkan kedua bagian.
  • Keringkan dan diamkan lem selama 20 menit agar bridge menempel sempurna.

2. Memperbaiki Tangkai yang Patah

Tangkai kacamata juga menjadi salah satu bagian frame kacamata yang juga seringkali patah. Umumnya, tangkai terlepas karena bagian sekrup yang kendur. Cara memperbaiki frame yang patah ini adalah mengencangkan kembali bagian sekrup.

Perlu diingat bahwa kamu tidak perlu tergesa-gesa membeli bingkai kacamata baru jika tidak bisa memperbaikinya sendiri di rumah. Kamu bisa mengunjungi optik tempat kamu membeli kacamata dan meminta petugas untuk mengencangkan sekrup tersebut.

3. Memperbaiki Nose Pad yang Patah

Nose pad merupakan bagian kacamata yang terletak di antara bridge sebagai penahan kacamata di bagian hidung. Seiring berjalannya waktu pemakaian, nose pad pun dapat patah dan kendur. Namun, memperbaiki nose pad yang terlepas tidaklah sulit.

Kamu dapat menggunakan lem perekat untuk menempelkan kembali atau mengencangkan bagian sekrup. Nose pad dapat kamu beli di optik terdekat, loh! Memang ada baiknya untuk mengganti nose pad dalam jangka waktu tertentu untuk menjaga kebersihannya.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Mata Agar Penglihatan Tetap Jelas Dan Sehat

Beli Frame Kacamata Berkualitas dan Terlengkap di SATURDAYS

Itulah beberapa cara memperbaiki frame yang patah dengan mudah di rumah. Kasus-kasus di atas merupakan contoh yang ringan, sehingga kamu hanya memerlukan peralatan yang simple, seperti lem perekat, obeng, dan sebagainya. Namun, beberapa kasus frame patah memang harus diperbaiki oleh ahlinya di optik.

Untuk menghindari bingkai yang mudah patah, penting untuk membeli dan menggunakan frame berkualitas untuk meminimalisir kerusakan akibat jatuh dan sebagainya. Semua bingkai kacamata di SATURDAYS terbuat dari material berkualitas, anti-alergi, kuat, dan tahan lama, seperti acetat Italia dengan bahan dasar tanaman, titanium Jepang yang ringan dan kuat, dan masih banyak lainnya.

Ada banyak model dan ukuran kacamata yang bisa kamu pilih, sehingga kamu dapat menemukan frame yang membuat wajah proporsional dan sesuai dengan gayamu. Jika bingkaimu patah, tenaga ahli kami akan membantumu memperbaikinya. Kamu juga bisa datang ke optik kapan saja untuk melakukan penyesuaikan bingkai jika terasa kendur atau tidak nyaman dan untuk membersihan lensa yang buram.

Tidak ada biaya tambahan untuk penyesuaian bingkai dan pembersihan lensa. Tanyakan juga kepada staff kami mengenai bagian kacamata lain yang rusak seperti lensa yang tergores atau mudah berembun. Kami akan memberi konsultasi gratis mengenai perawatan lensa dan bingkai kacamata yang bisa kamu terapkan di rumah.

Kunjungi SATURDAYS terdekat sekarang juga! Temukan kacamata dengan material terbaik hanya di sini. Tenaga ahli kami juga akan membantu memeriksa kondisi mata kamu untuk mendapatkan lensa dengan resep yang tepat. Kamu juga mengecek koleksi kacamata SATURDAYS secara online di sini, loh!