Cara Membersihkan Kacamata yang Benar

Cara membersihkan kacamata sebenarnya tidaklah sulit dan sangatlah penting untuk kamu ketahui.Kamu bisa datang kapan saja ke optik SATURDAYS dan kami akan siap membantu. 

Kacamatamu, walaupun bukan kacamata SATURDAYS, akan mendapatkan layanan spa bintang 5 di semua toko kami. Selama kamu menunggu kacamatamu dibersihkan, kamu bisa menikmati kopi dan cookies di toko kami dan juga belanja kacamata baru. Lihat lokasi kami disini.

Jika berhalangan pergi ke optik SATURDAYS, kamu bisa baca artikel ini lebih lanjut! Namun perlu kami jelaskan sebelumnya bahwa menghembuskan napas, dan mengusap lensanya pada baju bukanlah cara membersihkan kacamata yang tepat karena bisa menyebabkan kerusakan pada lensa. Jangan pula membersihkan lensa dengan produk pembersih rumah tangga, air liur dan tissue kasar. 

Berikut tips dari kami untuk solusi lensa jernih tanpa debu. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum menerapkan setiap metode di bawah ini.

Cara membersihkan kacamata buram dengan pasta gigi

Cara Membersihkan Kacamata dengan Pasta Gigi 1

Kacamata buram bisa disebabkan oleh kotoran, minyak atau goresan halus. Untuk membersihkannya cukup ikuti  dua langkah berikut:

  1. Oleskan pasta gigi secukupnya pada lensa secara merata
  2. Usap permukaan lensa dengan kain lembut. Hindari penggunaan bahan bertekstur kasar seperti kertas, tissue dan handuk. 

Membersihkan kacamata memakai pasta gigi juga baik untuk mencegah pengembunan, yang umum terjadi ketika musim hujan atau ketika memakai masker. Pasta gigi dapat mencegah hal tersebut dan membuat kamu lebih nyaman dalam beraktivitas. 

Tidak perlu takut pasta gigi akan merusak material lensa karena pasta gigi aman dan dijamin tanpa resiko.

Cara membersihkan kacamata dengan cairan pencuci piring

Cara Membersihkan Kacamata dengan Cairan Pencuci Piring 1

Jika permasalahannya adalah lensa buram, maka kami sarankan untuk memakai pasta gigi. Namun jika kamu hanya ingin tahu cara membersihkan kacamata secara rutin, kamu dapat menggunakan cairan pencuci piring dengan langkah berikut:

  1. Bilas lensa dibawah air hangat yang mengalir supaya debu halus hilang terbawa air. Namun, jangan menggunakan air panas karena bisa merusak lapisan permukaan lensa.
  2. Tuangkan sabun pencuci piring pada ujung jari dan oleskan merata ke semua permukaan lensa. Kemudian bersihkan pula bagian lainnya, seperti penyangga hidung, bingkai sampai bantalan di belakang telinga.
  3. Bilas kembali dengan air hangat yang mengalir sampai kacamata terbebas dari kotoran dan busa sabun. 

Cara membersihkan kacamata dengan cairan pembersih

Cara Membersihkan Kacamata dengan Cairan Pembersih Kacamata

Mengingat pentingnya kacamata, ada baiknya kita memiliki cairan pembersih kacamata atau cairan pembersih CD di rumah. Berikut cara membersihkan kacamata dengan cairan pembersih:

  1. Semprotkan cairan pembersih khusus lensa pada kain halus kemudian lap ke seluruh bagian kacamata. Cukup dilap secara ringan sampai bersih.
  2. Lebih disarankan untuk memakai teknik satu arah dalam membersihkannya, untuk menghindari goresan.
  3. Keringkan kacamata dengan mengencangkannya secara ringan dan mengelapnya dengan lap lensa. Pastikan untuk tidak menggunakan baju atau kain biasa. 

Perlindungan sehari-hari

Setelah membaca dengan cermat cara membersihkan kacamata di atas, kamu pasti paham betul bahwa lensa kacamata mudah tergores. Karena itu, selalu letakan kacamatamu di tempat yang aman dan dalam posisi lensa yang tidak menghadap ke bawah. Jika kamu tidak memiliki kotak kacamata, letakkan kacamatamu dengan posisi gagang terbuka dan menghadap ke atas. Letakkan kacamatamu di meja yang jarang disentuh oleh orang lain untuk menghindari kacamata tertimpa benda lain.

Perlu diingat bahwa kacamata bisa mengalami kerusakan jika kita tidak menerapkan cara membersihkan kacamata yang tepat. Namun kacamata memang tidak akan bertahan selamanya. Jika kacamatamu rusak dan sudah waktunya untuk diganti, SATURDAYS selalu siap membantu! 

Kamu akan mendapatkan lap microfiber yang aman untuk membersihkan lensa dan kotak kacamata setiap pembelian di toko kami, website atau SATURDAYS App. Cairan pembersih kacamata juga selalu tersedia sebagai pilihan add-on setelah proses checkout. 

Untuk pengamanan ekstra, kamu juga bisa menambah filter anti-scratch di tahap akhir pembelian. Hubungi staf kami melalui email atau whatsapp atau datang ke toko SATURDAYS jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut. Selamat membersihkan kacamata dan miliki masa depan yang lebih jernih, sejernih hatimu!