4 Cara Membedakan Kacamata Anti Radiasi Asli dan Palsu

Jika kamu sedang mempertimbangkan penggunaan lensa kacamata anti radiasi, maka mungkin inilah saat yang tepat. Penggunaan gadget saat ini tidak dapat dihindarkan. Dari mulai mulai bekerja, belajar-mengajar sampai belanja pun dilakukan dengan gadget.

Namun, seperti yang kita pahami, gadget memancarkan sinar radiasi yang membuat mata terasa lelah dan tidak nyaman. Karena itu, banyak orang menggunakan lensa kacamata anti radiasi untuk menghalau sinar radiasi dari alat elektronik.

Kepopuleran yang kian meningkat membuat banyak penjual yang mencari keuntungan lebih dengan menjual kacamat anti radiasi palsu. Padahal penting untuk menggunakan kacamata anti radiasi asli dan berkualitas agar manfaatnya terasa. Untuk itu, ketahuilah cara membedakan kacamata anti radiasi asli dan palsu.

Ada beberapa cara membedakan kacamata anti radiasi asli dan palsu yang dapat kamu lakukan. Melansir dari berbagai sumber, berikut cara memilih kacamata anti radiasi yang asli dengan mudah dan tepat!

Baca Juga: Glaukoma: Penyebab, Gejala, Jenis, Dan Cara Mengatasinya

Cara Membedakan Kacamata Anti Radiasi Asli dan Palsu

1. Mengecek Lensa Kacamata

Cara membedakan kacamata anti radiasi asli dan palsu yang pertama adalah mengecek lensanya. Tentu, lensa kacamata dengan anti radiasi akan berbeda dengan kacamata biasa. Kacamata anti radiasi menggunakan lensa dari logam di kedua sisi untuk menghalau sinar radiasi dari gadget.

Selain itu, lensa kacamata anti radiasi juga dilapisi dengan logam anti air, anti silau, dan anti keras. Maka pastikan kacamata anti radiasi yang akan kamu beli memiliki lapisan-lapisan tersebut. Jika tidak ada, dapat dipastikan kacamata anti radiasi tersebut palsu.

2. Mengecek Warna Lensa Kacamata

Menggunakan material yang berbeda dari lensa kacamata biasa, cara membedakan kacamata anti radiasi asli dan palsu lainnya adalah dengan mengecek warna lensanya. Namun, cara ini hanya dapat dilakukan pada kacamata anti radiasi photogrey. Lensa kacamata anti radiasi photogrey akan berubah saat terkena sinar matahari.

Kacamata anti radiasi photogrey yang asli akan berubah warna menjadi abu-abu atau hitam. Apabila kamu membeli kacamata anti radiasi photogrey dan tidak berubah saat terkena paparan sinar matahari, maka dapat dipastikan kacamata tersebut adalah palsu. Tentu kamu tidak ingin mengeluarkan uang untuk kacamata palsu, bukan?

3. Tes Kacamata dengan Melihat Lampu

Cara membedakan kacamata anti radiasi asli dan palsu lainnya adalah dengan melihat menggunakan kacamata tersebut dan melihat ke arah lampu atau sinar lainnya. Ini merupakan salah satu cara termudah dan cukup akurat untuk mengetahui apakah kacamata anti radiasi yang kamu beli asli atau palsu.

Kacamata anti radiasi akan membuat lampu yang kamu lihat menjadi lebih fokus dan tidak ada bayang-bayang di sekitarnya. Namun, apabila cahaya yang kamu lihat tetap berbayang di sekitarnya, maka kemungkinan besar kacamata anti radiasi yang kamu gunakan adalah palsu.

4. Beli di Optik Terpercaya

Mungkin ada banyak pilihat optik di sekeliling kamu, tetapi apakah semuanya berkualitas? Untuk itu, penting untuk memilih optik yang terpercaya sebelum membeli kacamata anti radiasi dan lainnya. Dengan memilih optik terpercaya dan berkualitas, kemungkinan untuk mendapatkan kacamata anti radiasi yang palsu sangatlah kecil.

Baca Juga: Ketahui Ketajaman Penglihatan Dengan Tes Visus Mata

Temukan Kacamata Anti Radiasi Berkualitas di SATURDAYS

Itulah beberapa cara membedakan kacamata anti radiasi asli dan palsu yang dapat kamu lakukan. Melansir dari berbagai sumber, manfaat kacamata anti radiasi memang masih subjektif, tetapi penting untuk digunakan, terutama jika kamu menggunakan gadget sebagai mobilitas harian.

Dengan kacamata anti radiasi, sinar radiasi atau blue light dapat dihalau agar tidak menimbulkan penyakit mata, seperti mata kelelahan, mata merah, mata minus, mata silinder, dan lainnya. Mata akan terasa lebih nyaman saat melihat gadget meskipun dalam kurun waktu yang lama.

Salah satu optik yang dapat kamu pilih untuk mendapatkan kacamata anti radiasi yang asli dan berkualitas adalah SATURDAYS. Kamu dapat mengunjungi optik SATURDAYS terdekat tanpa harus membuat janji terlebih dahulu, loh! Kamu juga dapat memeriksa mata secara gratis di sana.

Nantinya, kami akan membantu merekomendasi lensa dan kacamata yang sesuai dengan kebutuhakn kamu agar penglihatan semakin jelas dan nyaman. Kamu dapet mengecek koleksi kacamata SATURDAYS secara online di sini. Yuk, kunjungi SATURDAYS terdekat sekarang juga!