Cara Membaca Resep Kacamata dari Dokter dengan Mudah

Apakah kamu menderita masalah mata tertentu dan dokter meresepkan kacamata untuk membantu penglihatan? Jika ya, kamu mungkin akan kesulitan membaca resep kacamata dari hasil pemeriksaan dokter. Bagaimana cara membaca resep kacamata itu sendiri?

Perlu diketahui bahwa resep kacamata yang diberikan oleh dokter mengandung angka dan kata-kata singkat yang mungkin tidak dapat kita pahami. Oleh karena itu, langkah pertama untuk membaca resep kacamata adalah memahami arti dari singkatan ini.

Cara membaca resep kacamata dari hasil pemeriksaan

Setiap kali selesai periksa di dokter mata dan ada kemungkinan menggunakan kacamata, dokter akan menulis resep untuk dibawa ke optik. Angka dan kata-kata singkat yang mungkin belum pernah dilihat sebelumnya. Secara tradisional, singkatan yang digunakan berasal dari istilah Latin untuk menggambarkan informasi yang berkaitan dengan mata kanan dan kiri.

Di bawah ini adalah daftar singkatan yang paling umum ditemukan pada resep kacamata untuk membantu kamu mengetahui bagaimana cara membaca resep kacamata dari dokter.

1. OD dan OS

Saat membaca resep, kamu mungkin akan melihat istilah singkatan OD dan OS. Nah, OD sendiri mengacu pada tulisan Oculus Dexter sedangkan OS merupakan singkatan dari Oculus Sinister. Keduanya adalah kata-kata Latin. OD artinya adalah mata kanan dan OS sendiri mata kiri.

2. OU

OU memiliki arti Oculus Uterque atau singkatan dari kedua mata. OU adalah singkatan tradisional yang digunakan dokter saat membuat resep kacamata. Namun, beberapa dokter mata lebih suka menggunakan resep modern. Re adalah singkatan untuk mata kanan sedangkan E adalah singkatan untuk mata kiri.

3. SPH

Singkatan SPH sendiri adalah kepanjangan dari Sphere. SPH menjelaskan jumlah lensa yang diukur dalam dioptri yang kamu butuhkan untuk penglihatan yang baik. Istilah ini menunjukkan bahwa koreksi untuk penglihatanmu adalah bola. 

Untuk rabun dekat, angka di bawah singkatan akan menyertakan tanda (-). Untuk rabun jauh, angka tersebut akan terdiri dari tanda (+). Apabila di resep kacamata dokter menuliskan ‘PI’ atau plano, maka artinya adalah tak terhingga.

Maksud dari kata ‘PI’ sendiri adalah kamu tidak memiliki masalah mengenai jarak. Bisa jadi justru kamu menderita silinder dan umumnya nilai silinder sendiri adalah 0,00 sampai +/-20.00.

4. Axis

Selanjutnya, mari pelajari cara membaca resep kacamata dari dokter dengan tulisan ‘Axis’ yang artinya adalah meridian lensa. Adapun nomor Axis yang diresepkan dokter membantu optik kacamata mengetahui arah untuk memposisikan kekuatan silinder di lensa kacamatamu. 

Angka Axis yang ditulis biasanya antara 1 hingga 180, yang mana 90 mewakili posisi vertikal sementara angka 180 menunjukkan posisi horizontal. Angka-angka sendiri hanya menggambarkan posisi silinder saja, bukan menjelaskan kekuatan resep kacamatamu. Axis sendiri dapat hadir jika ada nilai CYL.

5. CYL

Singkatan dari CYL sendiri artinya adalah Cylinder yang mewakili jumlah kekuatan lensa yang dibutuhkan untuk astigmatisma atau silinder. Apabila dari hasil pemeriksaan ternyata kamu tidak mempunyai silinder, maka bagian kolom CYL tidak akan diisi.

Nilai yang ada CYL sendiri bisa plus atau juga minus, dan kebanyakan dokter akan menuliskan +/-0,25 sampai +/-4.00.

6. Add

Add merupakan singkatan dari Addition yang artinya adalah koreksi tambahan. Add adalah koreksi yang kamu butuhkan untuk membaca dan digunakan dalam kacamata bifokal, kacamata baca, atau kacamata varifocal. 

Add mewakili kekuatan tambahan atas resep jarak dan hanya muncul sekali dalam resep karena kekuatan tambahannya sama untuk kedua mata. Nilai dari resep Add sendiri biasanya antara +0,50 sampai +3,50. 

Apabila kamu hanya membutuhkan kacamata untuk mengoreksi rabun jauh dan bukan untuk membaca, kamu tidak memerlukan resep ini.

7. PRISM

PRISM atau prisma mengoreksi kondisi mata awam atau dapat memperbaiki kondisi rumit. PRISM bisa dituliskan untuk mereka dengan gangguan mata tertentu dan kondisi yang memerlukan gambar dalam fokus untuk mengubah posisinya. 

Kondisi orang yang akan diresepkan PRISM sendiri adalah juling dan diukur dalam Prisma Dioptri. Prisma Dioptri datang dengan arah seperti up, down, in, dan out. Nilainya bisa sampai sepuluh.

8. PD

PD adalah singkatan dari Pupillary Distance, atau jarak antara pusat pupil yang diukur dalam milimeter. Pengukuran memastikan bahwa ketika kamu mendapatkan kacamata, kamu bisa melihat melalui tempat yang tepat di lensa.

Kamu bisa melakukan pengukuran PD sendiri meskipun dokter tidak memeriksanya. Jumlah rata-rata PD adalah 62mm untuk wanita dan 64mm untuk pria. Namun, bisa berkisar antara 58 dan 68mm.

9. Dist/Inter/Near

Dist merupakan singkatan dari distance dan inter adalah singkatan dari intermediate.

Distance adalah resep yang dibutuhkan untuk memperbaiki rabun jauh. Kacamata dengan resep ‘distance’ ini cocok untuk semua aktivitas termasuk berjalan-jalan, menjalankan tugas, dan mengemudi. 

Sementara inter memiliki makna perantara. Resep ini adalah untuk orang-orang yang perlu memperbaiki penglihatan menengah mereka. Kemudian kacamata dengan resep ‘near’ digunakan untuk penglihatan dekat dan cocok untuk pekerjaan yang mengharuskan perhatian detail.

10. BVD

BVD adalah singkatan dari Back Vertex Distance yang mewakili jarak dari bagian belakang lensa kacamata ke puncak kornea. BVD dapat disesuaikan untuk mengubah kekuatan lensa ketika berkaitan dengan mata. 

Kamu perlu melakukan pengukuran ulang saat mengganti resep kacamata. Cara membaca resep kacamata sendiri pada umumnya sama antara satu dokter mata dan dokter lainnya. Namun, resep kacamata berbeda dengan resep lensa kontak, ya! Jadi, jangan sampai salah.

Kalau kamu punya resep dari dokter dan ingin membeli kacamata, silahkan datang ke optik SATURDAYS. Kami siap membantumu menemukan kacamata minus, silinder hingga plus dengan berbagai model yang paling cocok untukmu.