Berapa Harga Cek Mata di Optik, Puskesmas, atau Rumah Sakit?

Apakah kamu tau berapa harga cek mata di optik, puskesmas, rumah sakit? Biaya yang harus kamu keluarkan itu tentunya bergantung pada jenis pemeriksaan yang dilakukan. Biasanya, biaya cek mata di optik dan Puskesmas jauh lebih terjangkau daripada di rumah sakit. Tenaga ahli yang melakukan pemeriksaan pun berbeda.

Kalau kamu memiliki keluhan serius pada penglihatan, maka sebaiknya melakukan pengecekan dengan dokter atau tenaga medis yang berada di Puskesmas atau rumah sakit. Namun, apabila hanya ingin mengetahui kondisi mata minus, plus, atau silinder, kamu bisa melakukan pengecekan di optik.

Untuk kamu yang ingin mengetahui berapa harga cek mata di optik, Puskesmas, atau rumah sakit ketahui beberapa informasi berikut ini!

Baca Juga: 5 Model Kacamata Hitam Untuk Wanita Berjilbab Terbaik

Jenis Pemeriksaan Mata

1. Fisik Mata

Melansir dari berbagai sumber, pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter menggunakan lampu khusus yang disebut  slit-lamp. Pemeriksaan ini meliputi bagian kelopak mata, kornea, pupil, iris, hingga cairan di dalam bola mata. 

2. Ketajaman Penglihatan

Selain dokter, tenaga ahli di optik juga dapat melakukan pemeriksaan ketajaman mata guna mengetahui kondisi mata minus, plus, atau silinder. Pemeriksaan ini menggunakan Snellen Chart yang terdiri dari angka dan huruf dengan ukuran beragam.

3. Tonometri

Glaukoma menjadi salah satu penyakit mata yang kerap terjadi pada banyak orang. Untuk itu, terdapat pemeriksaan tonometri yang dilakukan oleh dokter untuk mengetahui tekanan cairan di dalam mata.

4. Gerakan Otot Mata

Pemeriksaan mata yang satu ini juga dilakukan oleh dokter untuk mengetahui kekuatan otot dan kemampuan koordinasi mata. Nantinya, dokter akan meminta kamu untuk mengikuti gerakan suatu objek.

5. Tes Buta Warna

Pengecekan mata yang satu ini juga umum dilakukan untuk mengetahui kemampuan mata mengindetifikasi berbagai jenis warna. Kamu bisa melakukan tes buta warna di optik, Puskesma, maupun rumah sakit.

Harga Cek Mata di Optik, Puskesmas, atau Rumah Sakit?

Lantas, berapa biaya cek mata di optik, Puskesmas, atau rumah sakit yang harus dikeluarkan? Saat di optik, umumnya orang hanya melakukan pengecekan mata minus, plus, atau silinder dan biasanya, pengecekan ini gratis. Selanjutnya setelah pemeriksaan, kamu bisa membuat kacamata di optik tersebut. Namun, sebelum melakukan pemeriksaan di optik, sebaiknya kamu bertanya terlebih dahulu, ya!

Untuk pengecekan mata di Puskesmas, biayanya relatif terjangkau. Kamu hanya perlu membayar biaya administrasi sekitar Rp10.000 – Rp20.000. Untuk pemeriksaannya pun mulai dari Rp15.000 – Rp100.000. Tidak perlu khawatir, kamu juga bisa bertanya di bagian administrasi rentang harga pengecekan mata di Puskesmas.

Biaya pengecekan mata di rumah sakit cenderung lebih mahal daripada tempat lainnya. Kamu bisa langsung menemui dokter spesialis di sana. Biaya administrasi rumah sakit pun beragam mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Rentang biaya dokter mata di rumah sakit juga berkisar antara Rp150.000 – Rp600.000.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kacamata Aviator Wanita Terbaik

Temukan Kacamata Terbaik dan Terlengkap di SATURDAYS

Itulah perkiraan berapa harga cek mata di optik, Puskesmas, dan rumah sakit. Untuk kamu yang hanya ingin mengecek kondisi mata minus, plus, maupun silinder, datang saja ke salah satu lokasi SATURDAYS! Tenang saja, cek kondisi mata di SATURDAYS itu gratis dan tidak dipungut biaya apapun!

Kami juga punya banyak koleksi lensa dan bingkai kacamata yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan selera. Tenaga ahli kami akan membantu kamu mendapatkan kacamata terbaik yang membuat penglihatan semakin jelas sekaligus menunjang penampilan! Yuk, kunjungi SATURDAYS terdekat!

Jika belum sempat mengunjungi optik, kamu bisa cek koleksi bingkai kacamata kami secara online di sini! SATURDAYS punya berbagai hasil kolaborasi dengan berbagai brand ternama dengan bentuk yang unik dan menarik. Temukan koleksi kacamata terbaik, terlengkap dan terjangkau hanya di SATURDAYS!