Apakah Softlens Bisa Dibawa Tidur? Simak Informasinya di Sini!

Softlens atau lensa kotak merupakan alat bantu penglihatan yang kerap digunakan selain kacamata. Umumnya, softlens digunakan oleh penderita miopi atau rabun jauh. Sebagian besar lensa kotak dirancaang untuk dipakai seharian namum harus dilepas di malam hari. Namun, pengguna softlens kerap lupa melepaskan dan terus menggunakannya saat tidur. Apakah softlens bisa dibawa tidur dan aman?

Melansir dari berbagai sumber, diketahui bahwa sebaiknya kamu tidak tidur dalam keadaan menggunakan lensa kontak. Kotoran pada softlens dapat mengendap di area mata dan tidak terbasuh keluar oleh air mata. Hal ini bisa menyebabkan iritasi. Adakah ada bahaya lain jika softlens dipakai saat tidur? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Ini Panduan Ukuran Kacamata Agar Wajah Terlihat Proporsional

Apakah Tidur Menggunakan Softlens Berbahaya?

Untuk kamu yang bertanya apakah softlens bisa dibawa tidur, jawaban singkatnya sebaiknya jangan. Hal dikarenakan kotoran pada softlens dapat menghalangi oksigen mengalir bebas ke mata dan menyebabkan kotoran di area mata. Tentu, kotoran yang mengendap ini dapat menimbulkan iritasi dan penyakit mata lainnya seperti mata kering, peradangan, hingga abrasi kornea. Tentu kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, kan? 

Selain itu, softlens yang dibawa tidur juga dapat menyebabkan softlens sulit dilepaskan. Apabila dilakukan secara berulang, dapat menimbulkan masalah mata permanen seperti kebutaan.

Cara Menggunakan Softlens yang Baik dan Benar

Apakah kamu pengguna softlens untuk membantu penglihatan sehari-hari? Agar terhindar dari iritasi dan penyakit mata akibat penggunaan softlens yang salah, ikuti cara menggunakan softlens yang baik dan benar.

  1. Cucilah tangan sebelum mengambil softlens.
  2. Ambilah softlens dari tempatnya lalu cuci dengan cairan khusus.
  3. Cek kondisi softlens. Pastikan softlens tidak rusak atau robek.
  4. Pasang softlens pada salah satu mata dan tutuplah mata.
  5. Buka mata dan pastikan softlens terasa nyaman.
  6. Pasang softlens pada mata lainnya dan lakukan hal yang sama.

Sebaiknya, gunakanlah softlens tidak lebih dari 7 jam sehari. Hal ini bertujuan agar mata tidak menjadi kering dan iritasi. Pastikan kamu menggunakan cairan khusus softlens saat membersihkan softlens. Gunakanlah juga obat tetes mata khusus untuk menghindari mata kering.

Langkah Pertama Jika Terjadi Iritasi Mata

Melansir dari berbagai sumber, kemungkinan terjadinya iritasi saat menggunakan softlens tetap ada. Untuk itu, kamu perlu tahu langkah pertama jika terjadi iritasi. Hal ini bertujuan untuk meredakan mata merah atau gatal yang kamu rasakan. Berikut langkah yang perlu kamu lakukan saat terjadi iritasi mata.

  1. Jika kamu menggunakan softlens, segara lepas.
  2. Jika mata terasa gatal, jangan menggosok mata.
  3. Teteskan obat mata yang mengandung air mata buatan.
  4. Kompres mata dengan handuk yang direndam dengan air hangat selam 15 menit. Ulangi sebanyak 3-4 kali sehari.
  5. Hindari penggunaan softlens hingga mata sembuh.
  6. Hindari penggunaan kosmetik di area mata.

Apabila gejala yang kamu alami tidak kunjung membaik dan timbul masalah lain, seperti penglihatan kabur, mata bengkak, dan lainnya, segera periksa ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Apa Itu Miopi Atau Rabun Jauh? Simak Informasinya Di Sini! 

Perhatikan Kebersihan dan Jangka Waktu Pemakaian Softlens

Jadi, apakah softlens bisa dibawa tidur? Hal ini sebaiknya tidak dilakukan untuk menghindari iritasi mata dan munculnya penyakit mata lainnya. Memang mata memiiki toleransi penggunaan lensa kontak untuk jangka watu yang cukup lama. Namun, mata butuh beristirahat dan “bernapas” di malam hari tanpa lensa kontak. Jadi untuk menjaga mata kamu tetap sehat meskipun rutin menggunakan softlens, perhatikan jangka waktu pemakaian setiap hari nya dan jaga kebersihannya.

Selain itu, perhatikan jangka waktu softlens yang kamu beli. Kebanyakan softlens memiliki kedaluarwarsa yang umumnya berusia sebulan, tiga bulan, dan enam bulan. Jadi, gantilah softlens yang kamu gunakan secara rutin, ya! Pakailah juga obat tetes mata khusus saat mata terasa kering ketika menggunakan softlens.
Untuk kamu yang ingin membeli softlens, beli saja di SATURDAYS! Selain memiliki koleksi kacamata yang lengkap, kamu juga bisa membeli lensa kontak dengan berbagai macam ukuran dan warna. Tidak perlu khawatir karena semua softlens di SATURDAYS terjamin kualitasnya! SIlahkan kunjungi toko SATURDAYS untuk informasi lebih lanjut dan staf ahli kami akan siap membantu.