Apa itu Kacamata Bluecromic? Ketahui Manfaat Selengkapnya di Sini

Apakah kamu pernah mendengar tentang kacamata bluecromic? Terdengar seperti blueray dan photochromic, kacamata bluecromic adalah perpaduan keduanya. Masing-masing lensa anti blueray dan photochromic memiliki fungsi yang penting untuk menjaga mata. Seiring kemajuan teknologi, munculah kacamata bluecromic yang menggabungkan keuntungan dari keduanya.

Melansir dari berbagai sumber, kacamata photocromic adalah kacamata dengan lensa adaptif yang berubah menjadi gelap saat terkena paparan matahari guna melindungi mata. Selain dari itu, lensa blueray memiliki kemampuan menangkal sinar biru dari gadget, sehingga kondisi mata tetap sehat dan nyaman.

Lalu, kemampuan kedua lensa tersebut disatukan, sehingga tercipta kacamata bluecromic. Kacamata ini dapat berubah warna saat terkena sinar matahari sekaligus membuat mata tetap aman meskipun menggunakan gadget seharian. Inovasi ini tentu cocok untuk kamu yang aktif di luar dan di dalam ruangan, terutama di depan alat elektronik.

Apa saja manfaat lain yang dapat dirasakan melalui kacamata bluecromic? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Cara Merawat Mata Agar Penglihatan Tetap Jelas Dan Sehat

Manfaat Kacamata Bluecromic

1. Melindungi Mata dari Paparan Sinar Matahari

Karena lensa bluecromic adalah perpaduan lensa photocromic dan blueray, maka lensa bluecromic juga dapat berubah menjadi lebih gelap saat terkena paparan sinar matahari. Perubahan warna lensa ini bertujuan untuk melindungi mata secara maksimal.

Pasalnya, mata yang terpapar sinar matahari, UV A, dan UV B terlalu lama bukan hanya terasa silau, tetapi dapat mengalami kerusakan retina, loh! Selain itu, dapat terjadi luka bakar di area kornea mata. Kerusakan kornea dapat membuat mata terasa nyeri hingga gangguan penglihatan. Tentu kamu tidak ingin itu terjadi, bukan?

Lensa photochromic ini tergolong sangat fleksibel karena tingkat kegelapannya bisa berubah secara otomatis dan cepat mengikuti intensitas cahaya sinar matahari. Lensa ini juga dikenal praktis karena kamu tidak perlu lagi membawa kacamata hitam. Satu kacamata saja cukup untuk dua fungsi sekaligus!

2. Membuat Mata Tetap Terasa Nyaman

Memiliki teknologi dari lensa blueray, kacamata bluecromic juga akan membuat mata kamu tetap terasa nyaman saat menggunakan gagdet seharian. Pasalnya, smartphone, tablet, laptop, dan alat elektronik lainnya memancarkan sinar biru yang memiliki efek buruk dalam jangka panjang. 

Sinar biru ini diciptakan untuk memberikan penerangan pada layar gadget. Blue light pada prinsipnya sama dengan cahaya matahari yang juga merupakan sinar biru. Layaknya cahaya matahari, blue light memiliki berbagai manfaat, tetapi juga dampak bahaya,  salah satunya adalah merusak siklus jam tidur.

Selain merusak siklus tidur, sinar biru dari layar gadget membuat mata kamu terasa lelah. Mata yang lelah tersebut dapat menimbulkan keluhan lainnya, seperti sulit membuka mata, sakit kepala, hingga nyeri di leher. Dengan kacamata bluecromic, maka sinar biru dapat dihalau, sehingga meminimalisir kelelahan mata.

3. Dapat Digunakan Kapan Saja

Kelebihan kacamata bluecromic lainnya adalah dapat digunakan kapan saja. Kamu dapat menggunakan jenis kacamata ini di pagi atau malam hari. Jenis kacamata bluecromic cocok untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi, seperti harus berada di luar ruangan, tetapi juga harus  menggunakan gadget untuk pekerjaan.

Baca Juga: Ketahui 7 Jenis Penyakit Mata Yang Umum Terjadi

Temukan Kacamata Bluecromic dan Lainnya di Saturdays

Dengan inovasi lensa tersebut, kacamata bluecromic adalah salah satu jenis kacamata yang wajib dimiliki apabila kamu memiliki banyak kegiatan di luar ruangan dan harus melihat sinar gadget seharian. Meskipun harga lensa bluecromic umumnya lebih mahal dari lensa lainnya, tetapi harganya sepadan dengan manfaat yang ditawarkan.

Kamu dapat membeli kacamata bluecromic di optik, salah satunya SATURDAYS. Kami menyediakan berbagai macam lensa, termasuk photochromic, anti blue-ray, anti silau, dan tentunya bluecromic. Tentunya, lensa yang kami miliki terjamin kualitasnya!

Selain lensa, terdapat koleksi frame kacamata dengan berbagai macam bentuk, warna, dan ukuran. Kami akan membantu kamu mendapatkan lensa dan frame kacamata yang paling sesuai, sehingga tampilan kamu semakin mempesona. Yuk, kunjungi SATURDAYS sekarang atau cek koleksinya secara online di sini!