Apa Itu Kacamata Blue Ray? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Karena banyak sekali jenis pekerjaan yang berhubungan dengan barang elektronik, kacamata blue ray sangat dicari akhir-akhir ini karena fungsinya. Blue ray mampu melindungi mata dari sinar radiasi, baik dari matahari maupun alat elektronik. 

Sinar radiasi dari benda elektronik biasanya menyebabkan mata menjadi merah, kering, terasa lelah bahkan menjadikan pandangan buram.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum memahami sepenuhnya apa itu kacamata blue ray dan memahami betapa rentan nya mata terhadap sinar radiasi. Bahkan kebanyakan orang menyamakan lensa blue ray dengan lensa photochromic. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kacamata blue ray adalah produk anti radiasi

FhL mwDjlaIvueIgWxkLY2zosGqTxuys3j5DeYzDrA QRH1HODvQzbbVuhpDb tdz9vBwoxqZF ymUDbCVDhBlFS3gYWkQ1FwuZ kDEGFobMxy ijPkcyYT5VGQHgptsLG3TnVAihIP3N9WdZlQABA4

Lensa blue ray diciptakan guna melindungi mata dari pengaruh sinar biru yang mempunyai potensi bahaya terhadap organ penglihatan.

Ketika membahas apa itu kacamata blue ray, kita harus mengenali lapisan lensanya yang mempunyai sifat anti reflektif. Lapisan tersebut berguna untuk mengurangi paparan sinar biru yang menjadikan mata lekas lelah. 

Lensa jenis ini sangat disarankan bagi kamu yang setiap hari menatap layar gadget dalam waktu lama.

Lensa blue ray membantu mengurangi ketegangan di mata sehingga kamu merasa lebih nyaman. Lensa ini juga melindungi mata dari bahaya sinar UV yang bisa menyebabkan pterygium, kanker melanoma, pandangan kabur bahkan sampai kebutaan. 

Jangan terlalu panik membaca akibat buruk dari sinar radiasi karena kamu masih bisa melindungi mata sedini mungkin dan memakai lensa blue ray mulai dari sekarang.

2. Kacamata blue ray adalah pelindung mata yang efektif

Masih berkaitan dengan apa itu kacamata blue ray, benarkah produk ini efektif sebagai pelindung mata? 

Umumnya kebanyakan orang hanya menggunakan kacamata hitam guna menangkal radiasi sinar UV. Namun kacamata hitam hanya nyaman digunakan saat matahari sedang terik, dan bukan untuk bekerja di dalam ruangan.

Lensa blue ray adalah solusi yang sangat efektif untuk perlindungan ekstra di dalam ruangan. 

Lensa ini mampu mencegah risiko gangguan katarak, degenerasi makula sampai peradangan pada kornea. Tentu saja akan lebih baik jika kita tidak terlalu lama menatap layar gadget jika tidak sangat penting. 

Namun seiring dengan kebutuhan hidup, menatap elektronik tidak bisa dihindari lagi. Maka itu, mari lindungi matamu.

3. Kacamata blue ray tidak sama dengan lensa photochromic

Ketika membahas apa itu kacamata blue ray, sebagian orang menyamakannya dengan kacamata photochromic. Padahal, keduanya berbeda, meskipun terdapat kesamaan dari fungsi nya yang mampu melindungi dari radiasi.

Lensa blue ray mempunyai lapisan pelindung anti radiasi yang mampu menangkal sinar UV, namun lebih efektif dalam menangkal sinar biru.  Lensa ini dapat disematkan pada kacamata minus, plus bahkan silinder. Pemakaiannya sendiri lebih optimal ketika kamu berada di dalam ruangan, terutama ketika berhadapan dengan layar gadget. 

Kacamata blue ray juga sangat bermanfaat untuk berkendara di malam hari saat kendaraan menyalakan lampu yang terkadang tampak menyilaukan. Lensa ini akan mengurangi intensitas pantulan sinar lampu sehingga kamu bisa menyetir dengan lebih nyaman. 

Sementara itu, lensa photochromic juga mempunyai lapisan pelindung anti radiasi tapi lensa ini lebih berfokus kepada sinar UV. Jenis photochromic mudah ditandai dengan berubahnya warna lensa menjadi hitam. Semakin terik cahaya matahari maka akan semakin gelap warna hitam yang dihasilkan. 

Jika kamu lebih kerap beraktivitas di luar ruangan, maka lensa photochromic lebih disarankan. Lensa ini akan beradaptasi dan mengikuti intensitas cahaya matahari.

4. Kacamata blue ray bisa dipasang di semua tipe lensa dan bingkai kacamata

Apapun bentuk dan tipe kacamatamu, kamu bisa menambahkan filter blue ray ke lensamu. Kamu tidak perlu membeli bingkai kacamata khusus. Kalau kamu masih belum yakin apakah kamu membutuhkannya, jawabannya adalah kemungkinan besar kamu membutuhkannya, apalagi jika pekerjaanmu berhubungan dengan barang elektronik. 

Meskipun kamu merasa bahwa layar yang kamu lihat tidak berbahaya, radiasi blue ray tetap bisa merusak matamu. Segera lindungi matamu dan kurangi ketegangan di otot mata dengan filter blue ray. 

Setelah memahami apa itu kacamata blue ray, jika tertarik, kamu bisa langsung ke salah satu lokasi SATURDAYS dan kami siap melayani semua kebutuhanmu! Jika kamu masih ingin berkonsultasi lebih lanjut, jangan sungkan hubungi kami melalui email atau whatsapp.

Kamu juga bisa menambah filter lain di setiap pembelian kacamata SATURDAYS seperti photochromic, anti-scratch, anti-glare dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin memahami apa itu kacamata photochromic, simak penjelasannya pada artikel SATURDAYS lainnya sebelum memutuskan membeli.