Ini Nama Alat Periksa Mata di Optik dan Cara Kerjanya

Jika kamu rajin memelihara kesehatan mata dan melakukan pengecekan rutin, tentu kamu pernah melihat alat periksa mata di optik atau dokter mata. Selain meminta pasien untuk membaca grafik, ada alat khusus yang selalu digunakan untuk mengetahui kondisi mata secara teliti, seperti jarak pandang, ketajaman penglihatan, dan lainnya. Dengan begitu, dokter atau tenaga ahli mengetahui tindakan atau resep yang akan diberikan.

Alat periksa mata di optik yang paling umum adalah autorefractor yang juga dikenal sebagai keratometer. Alat ini akan menunjukkan gambar dengan fokus yang berubah-ubah untuk mengetahui kondisi mata kamu. Jika kamu penasaran bagaimana autorefractor bekerja, simak informasinya di bawah ini!

Baca Juga: Apa Perbedaan Minus Dan Silinder? Yuk, Kenali Apa Saja Yang Membedakan Keduanya

Tenaga Ahli yang Memeriksa Mata

Sebelum mengetahui cara kerja alat periksa mata di optik atau dokter mata, ketahui terlebih dahulu siapa saja orang yang mengoperasikan alat-alat ini selain dokter mata. Tenaga ahli ini biasanya ada di optik dan memiliki tugas masing-masing. Yuk, ketahui siapa saja mereka!

1. Optometris

Optometris adalah tenaga ahli yang akan membantu kamu memeriksa mata menggunakan autorefractor. Tenaga ahli ini akan mengetahui kondisi mata kamu, seperti jarak pandang, fokus, dan lainnya. Selain itu, kamu juga akan mengetahui apakah berapa minus, silinder, dan lainnya.

2. Optisien

Optisien merupakan tenaga ahli yang akan membantu kamu dalam memilih lensa kacamata. Setelah mendapatkan resep dari dokter mata atau optometris, optisien akan membantu kamu mendapatkan lensa mata yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu akan melakukan tes melalui snellen chart.

Cara Kerja Alat Periksa Mata di Optik

1. Autorefractor

Untuk mengetahui kondisi mata melalui autorefractor, letakkan dagu pada alat periksa mata tersebut. Optometris akan mengarahkan alat pada salah satu mata secara bergantian dan kamu akan melihat gambar, seperti balon udara, kincir angin, atau yang lainnya.

Tujuan melihat gambar tersebut adalah agar mata kamu fokus pada satu titik, sehingga autorefractor lebih akurat dalam menganalisa kondisi mata. Setelah itu, akan muncul catatan kondisi mata kamu, seperti minus, plus, silinder, dan lainnya.

2. Snellen Chart

Setelah mendapatkan resep dari dokter mata atau optometris, selanjutnya kamu akan dibantu oleh optisien. Optisien akan membantu kamu mendapatkan lensa kacamata atau kontak lensa yang sesuai dengan kebutuhan.

Namun, sebelum itu, kamu akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut menggunakan snellen chart. Umumnya, mata akan diperiksa satu per satu untuk melihat huruf atau angka dari ukuran yang terbesar hingga terkecil.

Perlu kamu ketahui, terkadang nilai minus hingga silinder pada kacamata juga lebih kecil daripada yang tertera pada resep. Hal ini dapat terjadi karena penglihatan sudah jelas dan nyaman saat menggunakan kacamata.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memeriksa Mata?

Alat Periksa Mata di Optik

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk memeriksa mata? Kamu dapat memeriksa mata saat merasakan kejanggalan saat melihat objek dengan jarak jauh maupun dekat. Misalnya saja objek terlihat buram pada jarak tertentu. Hal ini merupakan gejalan umum miopi (mata minus) atau hipermiopi (plus)

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu memeriksa kondisi mata saat melihat objek berbayang, sulit melihat saat gelap, penglihatan bergelombang, sakit mata, hingga terasa ada tekanan pada mata. Kamu dapat memeriksa mata ke dokter mata untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Cara Membaca Resep Kacamata Dari Dokter Dengan Mudah

Cek Kondisi Mata dan Temukan Kacamata Terlengkap di SATURDAYS

Jika kamu belum sempat ke dokter mata, kamu selalu bisa datang ke SATURDAYS untuk cek mata. Kamu akan dibantu oleh tenaga ahli, seperti optometris dan optisien yang bersertifikat! Tenaga ahli kami akan memeriksa kondisi mata secara umum serta lensa kacamata yang akan kamu gunakan.

Segera kunjungi toko SATURDAYS terdekat! Kamu bisa datang kapan saja tanpa membuat janji terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga bisa membawa resep dari dokter mata untuk dibuatkan kacamata dengan lensa yang sesuai.

Yuk, segera periksa kesehatan mata kamu jika merasa terjadi perubahan yang signifikan saat melihat. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat. Kapan saja kamu membutuhkan bingkai kacamata, SATURDAYS memiliki koleksi yang sangat bervariatif! Ada banyak pilihan bingkai dan lensa serta filter yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu juga bisa mengeceknya secara online, loh!