9 Cara Agar Kacamata Tidak Berembun dan Mengganggu Pandangan

Belum banyak orang yang tahu bagaimana caranya agar kacamata tidak berembun terutama ketika sedang memakai masker atau keluar dari ruangan dengan suhu rendah ke suhu lebih tinggi. Embun di lensa terbentuk dari kondensasi yang terjadi ketika nafas hangatmu bersentuhan dengan permukaan lensa kacamata dalam suhu dingin. Hal tersebut menciptakan tetesan air berkabut yang mengganggu pandangan.

Embun biasanya tidak cepat hilang dari lensa, bahkan bisa kembali dengan mudah. Semua pemakai kacamata pasti mengalaminya dan mungkin sering merasakan frustasi. Supaya lensa tidak mudah berembun, kamu bisa ikuti beberapa cara di bawah ini.

1. Cuci dengan air sabun

Cm3AJVV7ZWTTj mZB6bWWm5AOPOAKR2G1l0WuChoH0dHn bHY6LytJD8W3GFn7pAjLmrVgPUcHT8mIYt5Pb2z 3WltdA7XcfKrTmnfHfnyDRZJH5OCHCH8Jnadg9YLJna0zvaP eKH7WbyqcUf7iDNw

Metode ini merupakan tindakan pencegahan. Cukup mencuci kacamata menggunakan deterjen maupun sabun cair dan dikeringkan.

Apabila kamu sedang tidak terburu-buru, keringkan saja di udara. Tapi jika kamu tergesa-tega, kamu boleh tepuk-tepuk permukaannya secara lembut dengan kain halus, bukan tissue atau kain apapun yang berbahan kasar.

Lapisan molekul sabun mencegah agar kacamata tidak berembun karena molekul tersebut membentuk lapisan transparan pada lensa.

2. Memakai semprotan anti fog

cara membersihkan kacamata dengan cairan pembersih kacamata

Ingin cara lebih praktis? Kamu bisa memakai semprotan antifog. Semprotan ini melapisi lensa memakai film tembus pandang supaya tidak terbentuk embun.

Produk anti fog bisa digunakan untuk keperluan seperti menyemprot lensa, kacamata renang sampai masker selam. Namun, pastikan kamu membeli semprotan anti fog yang aman untuk lensa kacamata. Jangan sampai memilih semprotan anti fog khusus mobil yang dipakai untuk menghilangkan kabut pada lampu kendaraan.

3. Tisu antifog 

Antifog bukan hanya berbentuk semprotan, tapi bisa juga dalam bentuk tisu yang terbilang lebih praktis dan mudah untuk mencegah agar kacamata tidak berembun.

Tisu antifog dapat dibawa kemana saja sehingga sangat praktis. Sejumlah produk dapat ditemukan dalam bentuk tisu sekali pakai. Sementara jenis lainnya bisa berupa kain microfiber berlapis yang bisa kamu pakai beberapa kali.

4. Memakai klip hidung

Kamu juga bisa mengatur pemakaian masker agar kacamata tidak berembun. Cari saja masker yang mempunyai kawat atau klip pada bagian hidung. Dengan masker seperti ini, kamu bisa mengencangkannya sesuai bentuk hidung sampai masker menempel sempurna tanpa ada celah yang bisa menyebabkan napas hangat menyebar dan menimbulkan embun pada lensa. 

5. Memasang kawat masker

Apabila kamu tidak punya masker dengan kawat kamu bisa membuatnya sendiri. Cukup memasang kawat tipis atau alumunium foil yang dilipat dan difungsikan untuk mengamankan celah di antara hidung. 

6. Menyelipkan masker

Kamu mau cara lebih mudah agar kacamata tidak berembun? Posisikan saja kacamata lebih jauh di bawah hidung supaya udara mampu mengalir lancar diantara lensa dan masker. Atau, posisikan kacamata di atas masker. Kamu tinggal menaikkan maskernya  atau menurunkan kacamata sampai kacamata bisa menjepit maskermu.

7. Memakai selotip atau plester 

Solusi agar kacamata tidak berembun bisa juga dengan selotip khusus supaya masker tidak bergeser dari tempatnya. Tapi pastikan selotip nya aman untuk kulit wajahmu. 

Tempelkan selotip atau plester pada bagian tepi atas masker. Jika mendapati alergi, sebaiknya cari merek lainnya atau mencoba cara lain. Terkadang selotip atau plester khusus medis juga mengandung risiko alergi. Oleh sebab itu kamu harus berhati-hati memilih yang aman.

8. Memakai tisu

agar kacamata tidak berembun memakai tisu 1

Kamu juga bisa menggunakan tisu agar kacamata tidak berembun dengan meletakkannya di dalam masker. Lipat saja tisu dalam bentuk persegi panjang dan sesuaikan dengan ukuran masker. Lalu masukkan ke dalam masker dan posisikan di atas jembatan hidung. 

Pada posisi tersebut tisu akan menyerap kelembapan udara yang muncul dari nafasmu sehingga tidak akan ada embun yang tercipta pada lensa.

9. Memakai busa atau krim cukur busa

Pilihan terakhir agar kacamata tidak berembun yaitu dengan busa atau krim cukur busa. Cukup letakan setetes krim cukur pada bagian lensa dan diamkan sampai mengering dan bersihkan memakai kain lembut.

Embun memang sering muncul pada kacamata, apalagi lensa berkualitas rendah. Jika kamu membutuhkan kacamata dengan kualitas tinggi, silahkan datang ke SATURDAYS atau lihat koleksi kami di website dan SATURDAYS app. Kamu juga akan mendapatkan lap microfiber setiap pembelian kacamata di SATURDAYS yang bisa kamu gunakan untuk menerapkan metode-metode di atas. Selamat mencoba!