Unik, Ini 10 Bentuk-bentuk Mata Orang di Dunia Pada Umumnya

Sama seperti bentuk wajah yang beragam, bentuk-bentuk mata orang di dunia ini juga bermacam-macam, loh! Bentuk mata yang beragam tersebut tentu memiliki keunikanya sendiri, sehingga riasan hingga bentuk kacamata yang akan digunakan juga perlu disesuaikan. Hal tersebut bertujuan agar keunikan mata semakin menonjol.

Lalu, ada berapa banyak bentuk-bentuk mata orang di dunia pada umumnya? Agar tampilan kamu semakin proporsional, yuk, ketahui bentuk-bentuk mata di bawah ini dan identifikasi bentuk mata milikmu!

Baca Juga: Ketahui Ketajaman Penglihatan Dengan Tes Visus Mata

Bentuk Mata Orang di Dunia 

1. Monolid Eyes

Bentuk mata yang umum dimiliki orang Asia adalah monolid eyes. Ciri khas bentuk mata ini adalah tidak adanya lipatan di kelopak mata.  

2. Double Eyelid

Double eyelid merupakan bentuk-bentuk mata yang memiliki lipatan jelas pada bagian kelopak mata. Banyak yang mengatakan bahwa bentuk mata ini sangat disukai di Korea Selatan, loh!

3. Almond Eyes

Bentuk-bentuk mata lainnya adalah almond eyes. Ciri khas bentuk mata ini adalah bagian inner dan outer corner mengecil. Almond eyes ini kerap dikatakan sebagai bentuk mata yang sempurna karena presisi.

4. Round Eyes

Round eyes atau mata bulat juga menjadi salah satu bentuk-bentuk mata yang umum. Ciri bentuk mata ini adalah jarak antara mata dan lipatan kelopak yang jelas. Saat menatap lurus, sklera mata bagian atas dan bawah terlihat.

5. Hooded Eyes

Kalau bentuk alismu cukup menonjol dan mata terlihat lebih ke dalam, maka kamu punya bentuk mata hooded eyes. Bentuk mata ini bisa terjadi karena keturunan atau bertambahnya usia karena ruang kelopak mata yang berkurang.

6. Upturned Eyes

Kalau kacamata punya bentuk cat eye, maka mata punya bentuk upturned eyes. Mata ini memiliki sudut luar yang sedikit naik ke atas. Tidak jarang orang menyebut bentuk-bentuk mata ini sebagai mata kucing, loh!

7. Downturned Eyes

Sebaliknya, ada juga bentuk mata downturned eyes. Bentuk-bentuk mata ini memiliki sudut luar yang cenderung mengarah ke bawah. Banyak orang yang menyebut bentuk mata ini sebagai mata sayu.

8. Wide-Set Eyes

Bentuk-bentuk mata lainnya adalah wide-set eyes. Ciri dari bentuk mata ini adalah kedua mata cukup berjarak. Untuk mengkategorikan bentuk mata ini, biasanya jarak antara kedua mata lebih besar dari ukuran mata.

9. Close-Set Eyes

Jika ada wide-set eyes, maka juga ada bentuk-bentuk close-set eyes. Jika bentuk jarak mata wide-set eyes lebih besar dari ukuran mata, maka jarak close-set eyes kurang dari satu mata, sehingga terlihat dekat.

10. Protruding Eyes

Bentuk-bentuk mata lainnya yang juga cukup umum adalah proturding eyes atau mata menonjol. Ciri bentuk mata ini adalah bola mata berukuran cukup besar dan menonjol, begitu juga dengan bagian kelopak mata.

Baca Juga: 3 Bahan Kacamata Yang Bagus, Kokoh, Dan Tahan Lama

Temukan Koleksi Lensa, Kacamata, dan Lainnya di SATURDAYS

Jadi, sudah tahu apa bentuk matamu? Bentuk-bentuk mata di atas merupakan bentuk yang umum pada orang di seluruh dunia. Tentu, setiap bentuk mata sempurna adanya dan memiliki keunikan tersendiri. Agar keunikannya semakin menonjol, setiap bentuk mata memiliki tips riasan mata tersendiri, loh!

Begitu juga dengan kacamata yang kamu pilih. Agar keunikan wajahmu semakin menonjol dan proporsional, penting untuk memilih kacamata yang sesuai. Jika kamu sedang mencari kacamata dengan beragam model, ukuran, dan warna, temukan saja di SATURDAYS!

Kami memiliki banyak pilihan lensa dan kacamata berkualitas yang bisa kamu sesuaikan dengan selera! Tenang saja, tenaga ahli kami akan membantu kamu dalam proses pengecekan kondisi mata hingga pemilihan lensa agar sesuai dengan kebutuhan, tetapi kamu tetap stylish!

Yuk, kunjungi SATURDAYS terdekat tanpa perlu membuat janji terlebih dahulu! Kamu juga bisa mengecek koleksi kami secara online di sini. Nikmati juga layanan Home Try-On dari kami! Tenaga ahli kami akan datang ke rumah kamu dengan koleksi terbaik dari SATURDAYS. Cek selengkapnya di sini, ya!